Trik Mudah Mengubah HP Android Atau Smartphone Menjadi CCTV

Cara Mengubah HP Android Atau Smartphone Menjadi CCTV | Sewajarnya, saat kita sedang berada diluar kota dan ingin tetap memantau kondisi rumah, maka menggunakan CCTV adalah pilihan yang tepat. Namun sekarang ini, dengan kecanggihan teknologi yang ada, nyatanya tak harus melulu menggunakan CCTV, terlebih apabila anda mempunyai smartphone android bekas dan masih bisa dipakai.

Nah, mau tahu bagaimana cara memanfaatkan HP android untuk CCTV? Untuk mengoperasikan CCTV dari smartphone harus memiliki koneksi wifi yang selalu aktif serta menggunakan aplikasi pendukung CCTV yang bisa Anda dapatkan dari Google Playstore, yang tentunya gratis.


Lantas, bagaimana cara untuk mengaktifkan aplikasi tersebut sehingga Anda bisa memantau rumah anda, dari mana pun dan kapan pun? Langsung saja, silahkan simak ulasan di bawah ini.

Trik Mudah Mengubah Smartphone Menjadi CCTV


1. Cara Mudah Mengubah Smartphone Menjadi CCTV Dengan Aplikasi IP Webcam

Cara pertama untuk membuat CCTV dari HP ini terbilang sangat mudah, yaitu hanya dengan terkoneksi dengan jaringan internet dan memiliki aplikasi IP Webcam. Aplikasi ini bisa Anda dapatkan melalui Google Playstore.

Dengan aplikasi ini Anda dapat memantau semua kegiatan lewat smartphone secara cepat dan tepat. Untuk langkah selengkapnya simak tutorial berikut ini.
  • Langkah pertama yaitu pastikan smartphone terkoneksi dengan jaringan internet. Usahakan koneksi ini memiliki bandwith yang kuat sehingga proses pembuatann CCTV dengan smartphone dan pengawasan aktivitas lancar.
  • Silakan buka aplikasi Google Playstore. Cari aplikasi IP Webcam, unduh, lalu install di smartphone Anda.
  • Setelah proses pemasangan sukses, Anda bisa membuka aplikasi ini. Saat aplikasi IP Webcam sudah terbuka, Anda bisa mengatur efek gambar, resolusi video CCTV, deteksi gerakan video atau motion detection, hingga jenis audio atau suara sesuai keinginan Anda.
  • Selanjutnya, Anda bisa membuka browser dari smartphone. Anda bisa menggunakan Mozilla Firefox, Google Chrome, atau pun Opera Mini.
  • Masukkan IP Adress yang telah Anda dapatkan dari kamera smartphone. IP Adress ini telah disediakan oleh aplikasi IP Webcam. Klik Enter.
  • Tunggu beberapa saat. Sekarang Anda bisa melihat aktivitas yang ingin di pantau melalui smartphone Anda. Jika anda ingin melakukan kegiatan pemantauan dari jarak yang lumayan jauh, ada baiknya Anda menggunakan tablet, iPad, laptop, dan lainnya. 

2. Cara Mudah Mengubah Smartphone Menjadi CCTV Dengan Aplikasi IP Cam Remote With Audio

Penggunaan aplikasi IP Cam Remote With Audio di smartphone Anda sebagai CCTV sebenarnya cukup canggih dibandingkan dengan aplikasi CCTV yang lainnya. Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari aplikasi ini.

Anda bisa memantau segala aktivitas dalam bentuk video, bisa mengatur resolusi dan ukuran video, tingkat brightness atau kecerahan layar, bahkan Anda bisa mengatur audio CCTV.

Baca Juga : Tips Sederhana Memperbaiki Lensa Kamera Agar Bening dan Tidak Buram

3. Cara Mudah Mengubah Smartphone Menjadi CCTV Dengan Aplikasi Web Of Cam

Aplikasi selanjutnya yang bisa Anda gunakan untuk membuat smartphone menjadi CCTV sederhana yaitu aplikasi Web Of Cam. Aplikasi ini juga bisa Anda dapatkan di Google Playstore secara gratis dan harus tetap terkoneksi dengan jaringan internet.

Berbeda dengan aplikasi CCTV yang lain, di sini Anda harus menggunakan akun Google untuk menverifikasi pengguna aplikasi ini. Untuk cara pengoperasian selengkapnya simak penjelasan berikut ini.
  • Pastikan smartphone anda terkoneksi dengan jaringan internet.
  • Langkah pertama yang harus dilakukan tentu saja dengan mengunduh dan memasang aplikasi Web Of Cam dari Google Playstore.
  • Selanjutnya, Anda bisa membuka aplikasi ini dari smartphone. Akan muncul sebuah pop up dari Google untuk meminta verifikasi akun Google Anda. Pastikan untuk menggunkan akun Google yang selalu aktif.
  • Setelah Anda selesai dengan proses verifikasi akun Google, akan mucul 2 opsi di tampilan layar. Camera dan Viewer. 
  • Menu Camera digunakan jika Anda ingin menggunakan smartphone sebagai sebuah CCTV. Namun untuk menu Viewer digunakan jika smartphone sebagai alat untuk melihat aktivitas yang berhasil diambil oleh smartphone atau CCTV yang digunakan.
  • Untuk menggunakan aplikasi ini, sebaiknya Anda menggunakan dua smartphone. Yang satu berfungsi sebagai Camera CCTV sedangkan smartphone yang lain berfungsi sebagai Viewer.
  • Pada smartphone yang berfungsi sebagai Viewer Anda juga harus memasang aplikasi Web Of Cam dan silakan pilih Viewer. 
  • Klik Camera pada menu yang ada (pada smartphone yang berfungsi sebagai Camera CCTV ). Tunggu beberapa saat sampai kamera belakang Anda diaktifkan oleh aplikasi Web Of Cam dan menghubungkannya dengan perangkat lain yang berfungsi sebagai Viewer. 
  • Tunggu beberapa saat sampai kedua kamera akan terdeteksi dalam list Available Cameras. 
  • Sekarang, Anda bisa memasang camera CCTV smartphone di suatu tempat yang bisa menjangkau seluruh ruangan. Akan lebih bagus jika Anda memasang CCTV di tempat yang lebih tinggi.
  • Usahakan juga supaya smartphone memiliki daya baterai yang tinggi sehingga bisa terkoneksi dengan internet setiap saat. Jangan lupa juga untuk charge baterai jika sudah lowbat. 
Nah, itulah beberapa cara mudah untuk menyulap Hp android atau smartphone menjadi CCTV. Mau mencoba?
Advertisement
Trik Mudah Mengubah HP Android Atau Smartphone Menjadi CCTV