Tips Sederhana Memperbaiki Lensa Kamera Agar Bening dan Tidak Buram

Cara Memperbaiki Lensa Kamera Agar Bening dan Tidak Buram - Saat ini, keberadaan smartphone memang sudah sedemikan penting, bagi tiap orang. Bahkan sekarang ini tak jarang kita temui, satu orang memiliki lebih dari satu smartphone. Dan dalam membeli suatu smartphone, salah satu poin penting yang sering jadi pertimbangan adalah terkait kwalitas kameranya.

Tak jarang, walaupun harganya mahal, suatu smartphone kurang maksimal kemampuannya dalam menghasilkan gambar yang berkwalitas. Nah, jika begitu bagaimana solusinya? Terdapat banyak hal yang memicu kamera smartphone menjadi rusak.

Trik Memperbaiki Lensa Kamera Agar Jelas Dan Tidak Buram

Apabila Anda sudah merogoh kocek cukup dalam hanya untuk membeli smartphone keren namun hasil jepretan tidak memuaskan, jangan bersedih dulu. Di sini kami akan mengulas penyebab mengapa lensa kamera bisa buram dan bagaimana cara mengatasinya agar hasil jepretannya bisa kembali normal.

1. Lensa Kamera Smartphone Terkena Kotoran

Hal yang sering membuat lensa kamera tidak jelas saat digunakan untuk mengambil gambar adalah kotoran yang menempel pada lensa. Hal ini tentunya akan membuat kualitas foto yang di dapat tidak jelas dan kurang maksimal.

Untuk mengatasi masalah tersebut Anda bisa menggunakan minyak kayu putih. Tentu Anda memilikinya bukan ? Caranya cukup mudah. Pertama – tama, Anda harus membuka casing handphone bagian luar terlebih dahulu. Setelah terbuka Anda akan melihat lensa kamera bagian dalam. Setelah itu, ambillah selembar kertas tisu dan minyak kayu putih. Teteskan minyak kayu putih tersebut ke atas ketas tisu sedikit demi sedikit.

Setelah kain tisu sudah cukup basah, Anda bisa menggosokkannya pada bagian atas lensa secara perlahan – lahan. Lakukan hal tersebut hingga kotoran pada permukaan lensa kamera terangkat dan menempel pada kain tisu. Mudah bukan ?


2. Tutup Lensa Kamera Smartphone Terkena Goresan

Bagi Anda yang tidak bisa jauh dari smartphone tentunya tidak bisa meninggalkan benda tersebut. Anda akan membawa benda kesayangan Anda tersebut, mulai dari kamar mandi, ke kampus, hingga ke tempat tidur lagi.

Namun yang perlu di ingat, sebaiknya Anda jangan meletakkan smartphone di tempat yang sembarangan terutama tempat – tempat dengan permukaan yang bergelombang atau kasa.

Tahukah Anda jika kebiasaan meletakkan smartphone di tempat sembarangan akan menyebabkan tutup lensa kamera tergores ? Apalagi jika Anda meletakkannya di tempat dengan permukaan yang kasar, peluang tergoresnya tutup lensa semakin besar sehingga foto yang Anda dapatkan tidak akan maksimal.

Untuk mengatasi masalah goresan pada tutup lensa kamera smartphone, terdapat beberapa trik mudah yang bisa Anda lakukan, yaitu :

Cara termudah untuk menghindari goresan pada tutup lensa kamera yaitu dengan menggunakan silikon atau motom pada smartphone. Penggunaan silikon ini juga bisa mempercantik tampilan smartphone.

Menghilangkan goresan pada tutup lensa kamera smartphone juga bia menggunakan pasta gigi yang biasa Anda gunakan sehari – hari. Namun Anda harus ingat, pasta gigi yang digunakan adalah pasta gigi putih, bukan pasta gigi berbentuk gel.

Cara menghilangkan goresan dengan pasta gigi putih ini cukup mudah. Anda cukup mengambil sedikit pasta gigi lalu oleskan pada permukaan tutp lensa. Gosokkan pasta gigi tersebut secara merata dan gosok secara perlahan – lahan.

Jika kedua cara di atas tidak berhasil, maka trik terakhir yang bisa Anda lakukan yaitu dengan membuka tutup lensa kamera smartphone menggunakan sebuah silet. Kemudian Anda bisa mengganti tutup lensa yang sudah rusak dengan tutup lensa kamera yang baru.

Namun apabila Anda enggan mengeluarkan biaya dan menghemat uang, Anda bisa menggunakan selotip atau isolasi berwarna bening untuk menutupi lensa kamera Anda. Cukup simpel bukan ?


3. Lensa Kamera Smartphone Sering Mengembun

Bagi Anda yang suka membawa smartphone ke kamar mandi atau di tempat yang lembab harus berhati – hati. Hal ini akan mengakibatkan smartphone Anda cepat rusak, bahkan lensa kamera yang bisa berembun.

Untuk mengatasi masalah ini cukup sederhana, yaitu Anda hanya harus mengeringkan smartphone. Pertama – tama, Anda harus menonaktifkan smartphone lalu melepas casingnya. Setelah itu Anda bisa melepaskan baterai dari smartphone.

Kemudian, keringkan smartphone menggunakan pengering atau hairdryer pada lubang di sisi kanan maupun kiri. Lakukan hal ini sampai embun di kamera smartphone menghilang dan suhu smartphone menjadi stabil kembali.

4. Lensa Kamera Tertutup Oleh Debu

Seringkali smartphone yang Anda gunakan tidak diberi pelindung atau silikon sehingga menyebabkan banyak debu yang menempel pada lensa kamera. Hal ini tentu saja menyebabkan foto yang Anda ambil terlihat jelek dan buram.

Untuk masalah debu ini, solusinya cukup sederhana. Anda hanya membutuhkan sebuah kain lembut dan bersih untuk menggosok lensa kamera Anda. Gosokkan dengan perlahan sampai lensa kamera menjadi bersih kembali.

Baca Juga : Cara Mudah Menyambungkan Modem Ke Ponsel

Bagaimana, tidak sulit kan memperbaiki lensa kamera smartphone agar bening dan tidak buram? Semoga informasi diatas bermanfaat.
Advertisement
Tips Sederhana Memperbaiki Lensa Kamera Agar Bening dan Tidak Buram


Buka Komentar