Tips Android

follow us

Penyebab Hilangnya IMEI Android dan Cara Mengembalikannya

Apa Penyebab Hilangnya IMEI Pada Android ? Lalu Bagaimana Cara Mengembalikan IMEI Agar Tampil Kembali ? | International Mobile Equipment atau lebih sering disingkat sebagai IMEI memang merupakan bawaan yang selalu ada pada perangkat berbasis android. Selain itu, umumnya kode IMEI yang dipakai untuk mengidentifikasi sebuah sistem smartphone berjumlah 14 sampai 16 digit.

Jika ada satu atau beberapa kode IMEI yang hilang, maka hal ini bisa berdampak buruk pada ponsel anda, yakni ponsel akan kesulitan dalam memperoleh sinyal. Oleh sebab itu, ada baiknya bila anda mengetahui penyebab serta langkah-langkah yang tepat untuk mengembalikan IMEI perangkat android yang hilang.


Penyebab Hilangnya IMEI Perangkat Android

IMEI memang salah satu hal terpenting yang harus ada dalam sistem berbasis android. Tanpa adanya IMEI, ponsel tidak akan bekerja secara maksimal karena tidak dapat menerima jaringan. Sehingga anda pun tidak akan bisa memakai ponsel untuk mengirim sms, telepon, ataupun mengakses internet.

Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan IMEI perangkat android hilang, dan umumnya hal seperti ini biasa terjadi pada ponsel android yang berbasis Mediatek (MTK). Mengunduh room yang tidak cocok dengan sistem android, melakukan flashing, serta custom room adalah beberapa hal yang bisa menyebabkan IMEI di ponsel android menghilang.

Bagi anda yang terlalu sering menginstal ulang operating system (Flash), hal tersebut bisa mengubah partisi yang ada. Bila kapasitas partisi melebih ukuran, ini tentu akan menyebabkan CWM/RWRP menimpa partisi lain yang bernama partisi secro. Padahal bisa dibilang pastisi secro memiliki peran yang penting, yakni menyimpan file yang berfungsi untuk membaca IMEI pada NVRAM.Bin. 

 Jika ruang di partisi secro ter-corrupt, sudah pasti hal tersebut akan membuat sinyal GSM yang diterima invalid sehingga berakibat pada ponsel android yang tidak bisa memperoleh jaringan.

Sementara bagi yang ingin mengecek IMEI, anda bisa melakukan dial up dengan cara mengetik *#06#. Tunggu beberapa saat, dan setelah itu nomor IMEI akan terlihat pada pada layar telepon. Adapun cara lain yang bisa anda lakukan, yakni bukalah menu pengaturan, kemudian pilih menu Tentang Ponsel dan setelah itu klik menu IMEI.

Beberapa Cara untuk Mengembalikan IMEI Android yang Hilang

1.) Memanfaatkan keberadaan Mtk Engineering Mode

Memakai Mtk Engineering Mode adalah cara pertama yang bisa anda lakukan untuk mengembalikan IMEI Android yang hilang. Langkah-langkahnya sendiri cukup mudah, yakni dengan cara masuk terlebih dahulu ke dalam Mtk Engineering melalui dial *#*#3646633#.

Namun bagi anda yang tidak dapat melakukan dial, entah karena alasan tertentu, anda bisa mengunduh aplikasi Mtk Engineering Mode yang tersedia secara gratis di google play store. Berikut ini langkah-langkahnya:
  • Step pertama silahkan cari aplikasi Mtk Engineering Mode di kolom pencarian yang banyak tersedia di google play store. Setelah ketemu, tekan instal atau pasang, tunggu sampai prosesnya selesai.
  • Bila aplikasi tersebut sudah berhasil terpasang, bukalah, dan nanti akan muncul tampilan “Mtk Setting”.
  • Setelah itu, klik menu “Mtk Setting”. Kemudian pada tab “Connectivity” anda bisa menekan “CDS Information”.
  • Langkah selanjutnya klik “Radio Information”. Bila anda memakai 2 sim card sekaligus, yakni Phone 1 dan Phone 2. Maka nanti akan muncul 2 pilihan. Namun apabila anda hanya menggunakan 1 simcard saja, maka anda tinggal memilih Phone 1. Setelah itu tulis AT+EGMR=1, 7, “Isi kode IMEI Sim 1”. Kemudian tekan “SEND AT COMMAND”.
  • Pada Phone 2, lakukan juga hal serupa seperti langkah di atas. 
  • Apabila percobaan anda berhasil, nantinya akan muncul notif pemberitahuan AT command is sent di layar ponsel.
  • Setelah itu, silahkan aktifkan ulang ponsel android anda
  • Bila ponsel sudah menyala kembali, anda bisa langsung mengecek IMEI melalui dial *#06A#. Atau bila mau, anda juga bisa mengeceknya dari menu Pengaturan. Buka menu tersebut lalu pilih Tentang Ponsel dan setelah itu klik status/info.

2.) Memakai Chamelephone

Alternatif ke 2 agar bisa mengembalikan IMEI Adroid yang hilang adalah dengan memakai Chamelephone. Untuk langkah-langkahnya silahkan simak penjelasan berikut ini:
  • Pertama-tama, cari dan instal aplikasi Chamelephone yang bisa anda dapatkan di google play store.
  • Bila sudah terpasang di ponsel, buka aplikasi Chamelephone tersebut. Lalu ketik kode IMEI yang ada pada ponsel android anda. Setelah itu, pilihlah Apply New IMEI’s
  • Bila langkah di atas berhasil, maka anda akan mendapatkan notifikasi seperti berikut ini: “The IMEI Number Will Be Changed After Device Restart”
  • Setelah itu anda dapat mengaktifkan ulang ponsel android tersebut.
  • Kalau smartphone sudah kembali menyala, anda tinggal mengecek kode IMEI android lewat dial *#06#, atau dengan membuka pengaturan, kemudian cari menu Tentang Ponsel, setelah itu tekan bagian status/info.
Baca Juga : 6 Trik Jitu Menyembunyikan File, Foto, dan Video di Ponsel Android

Nah, itu tadi permasalahan hilangnya IMEI android dan cara mudah mengembalikannya. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba!

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar