Langkah Jitu Mengatasi Lockscreen Ngeblank Tanpa Perlu ke Tukang Service HP

Pernah mengalami lockscreen yang tiba-tiba menjadi blank tanpa sebab? Yup, tak bisa dipungkiri, keluhan lockscreen yang mendadak ngeblank memang sering terjadi. Dan biasanya, kejadian ini tidak hanya terjadi pada smartphone merek murahan saja, bahkan hal ini juga sering terjadi pada smartphone mahal. Lantas, bagaimana solusinya?

Penyebab dan Cara Mengatasi Lockscreen Ngeblank

Biasanya kondisi blank pada layar saat lockscreen ini terdiri dari 2 jenis. Yaitu Black Screen, di mana layar ponsel Anda akan sepenuhnya berwarna hitam dan berhenti bekerja. Lalu satunya, White Screen, dimana layar ponsel pintar Anda akan sepenuhnya berwarna putih dan tentu saja tidak dapat menjalankan sistem.

1. Black Screen

Berbagai kemudahan akan kita dapatkan ketika menggunakan sebuah ponsel pintar. Bahkan kita dapat menjalankan berbagai kegiatan dalam satu waktu. Namun, tentu hal tersebut akan membuat ponsel pintar lebih mudah rusak, seperti mengalami Black Screen ini.

Penyebab Black Screen

Jika ponsel pintar Anda mengalami hal tersebut, ada beberapa kemungkinan yang dapat menjadi penyebab black screen. Misalnya, seperti berikut ini:
  • Terjadi kesalahan sistem atau error pada aplikasi yang telah terpasang pada ponsel.
  • Lapisan Screen Protector/Guard yang menghalangi kerja layar.
  • Aplikasi yang bekerja dengan lambat atau loading lama.

Cara Mengatasi Black Screen

Nah, bila saat ini ponsel anda mengalami Black Screen, dan penyebabnya sama dengan yang telah dijelaskan di atas, maka Anda dapat menyelesaikan senderi masalah tersebut dengan beberapa cara berikut:
  • Langkah pertama yang wajib Anda lakukan adalah dengan mematikan daya ponsel selama beberapa saat, kemudian menyalakannya kembali.
  • Jika ponsel Anda masih mengalami black Screen, maka cobalah dengan mematikan kembali ponsel dan mencabut baterainya. Selang beberapa menit, nyalakan kembali ponsel Anda.
  • Mengganti pelindung layar / anti gores juga dapat Anda coba, karena siapa tahu masalah ditimbulkan dari pelindung layar yang mengganggu kerja layar ponsel Anda.
  • Jika kemungkinan masalah Black Screen disebabkan oleh aplikasi, maka hapus aplikasi tersebut agar dapat mencegah kerusakan yang lebih fatal.
  • Mengembalikan ponsel Anda ke dalam pengaturan pabrik juga dapat Anda coba. Cara ini akan membuat ponsel Anda kembali dalam keadaan seperti saat pertama kali Anda membeli ponsel tersebut.
  • Apabila cara-cara di atas masih belum dapat menyelesaikan masalah pada ponsel Anda, maka lakukan reflash software, jika tidak tahu caranya, lebih baik serahkan pada yang sudah berpengalaman.

2. White Screen

Selain mengalami Black Screen, ponsel pintar juga kerap mengalami masalah serupa lainnya yaitu White Screen. Pada kasus White Screen, ponsel Anda akan mengalami blank dengan menampilkan warna putih pada seluruh layar dan juga terhentinya seluruh sistem kerja pada perangkat ponsel tersebut.

Sebelum memutuskan untuk memperbaikinya dengan menggunakan jasa orang lain yang sudah ahli dalam mengatasi masalah kerusakan ponsel, sebaiknya kenali terlebih dahulu penyebab dari White Screen pada ponsel Anda. Untuk itu, silahkan simak berikut ini.

Penyebab White Screen

Terjadinya kasus White Screen pada ponsel Anda dapat disebabkan oleh berbagai kemungkinan. Misalnya seperti di bawah ini:
  • Terlalu banyak aplikasi yang terinstall pada perangkat. Meskipun Anda menggunakan ponsel dengan kemampuan yang canggih, namun tetap saja ponsel tersebut memiliki batasan penggunaan. Jika Anda terlalu banyak menginstal aplikasi, maka sistem operasi ponsel Anda akan bekerja terlalu berat.
  • Selain dapat menimbulkan masalah White Screen, terlalu banyak memasang aplikasi dapat membuat daya baterai ponsel Anda juga menjadi lebih cepat habis karena harus bekerja ekstra pada beberapa aplikasi sekaligus.
  • Adanya kerusakan internal pada konektor LCD akibat kendur atau ada bagian yang terlepas.
  • Kemungkinan lainnya adalah adanya kesalahan pada ponsel itu sendiri. Seperti kesalahan pada flash ROM, firmware, dan sejenisnya.
  • Baterai juga dapat menimbulkan masalah White Screen jika ternyata baterai ponsel Anda kembung atau bocor yang mengakibatkan tegangan listrik yang dialirkan menjadi tidak stabil.

Cara Mengatasi White Screen

Jika Anda telah berhasil mengenali penyebabnya, maka langkah selanjutnya adalah mengatasi masalah tersebut. Dan ada beberapa langkah yang dapat Anda coba sendiri. Berikut beberapa diantaranya:
  • Mencoba untuk menggunakan kartu sim yang lain.
  • Melepaskan baterai ponsel beberapa saat lalu memasangnya kembali. Anda juga dapat mencoba menggantinya dengan baterai lain yang sejenis.
  • Melakukan pengaturan ulang pada ponsel.
  • Memeriksa arus tegangan pada ponsel Anda.
  • Membersihkan konektor LCD. Apabila memang ada kerusakan Anda dapat segera memperbaikinya atau menggantinya konektor LCD
Nah, cara mengatasi lockscreen ngeblank diatas, tidak sulit bukan? Namun jika Anda tidak yakin untuk memperbaikinya sendiri, sebaiknya jangan di paksakan, Anda dapat membawa ponsel Anda kepada ahlinya agar tidak terjadi kesalahan yang lebih besar.
Advertisement
Langkah Jitu Mengatasi Lockscreen Ngeblank Tanpa Perlu ke Tukang Service HP


Buka Komentar