Cara Simple Mengganti Boot Animation HP Android Menggunakan Aplikasi Boot

Cara Mengganti Boot Animation HP Android Menggunakan Aplikasi Boot | Tahukah anda bagaimana cara mengganti boot animation HP android? Saat Anda menonaktifkan smartphone lalu menghidupkannya kembali, Anda pasti akan melihat sebuah gambar atau animasi yang akan mucul untuk pertama kali. Misalnya saat Anda menghidupkan smartphone Samsung, Anda akan melilhat logo samsung yang bergerak, dan begitupun yang terjadi pada kebanyakan merek lainnya.

Animasi itulah yang disebut sebagai Boot Animation smartphone dan sudah menjadi sebuah sistem terstruktur dari vendor android. Nah, kira-kira apakah bisa mengganti boot animation bawaan pabrik/asli dari smartphone android? Jawabannya tentu bisa. Nah, berikut kami bagikan caranya Silahkan baca dahulu dengan seksama ya...

Cara Mengganti Boot Animation HP Android dengan Mudah

1.) Mengganti Boot Animation Dengan Aplikasi Root Browser

Mengganti boot animation dengan cara ini termasuk cara manual dan sederhana yang bisa Anda lakukan sendiri. Terdapat dua syarat smartphone android jika ingin menggunakan cara manual ini yaitu dengan Android File Manager serta smartphone android yang sudah di root.

Untuk melengkapi atau mempermudah langkah penggantian Boot Animation, Anda juga harus menggunakan aplikasi Root Browser. Untuk tutorial selengkapnya simak ulasan di bawah ini.
  • Langkah pertama yaitu Anda harus memiliki aplikasi Boot Animation. Karena ini cara manual berarti Anda tidak bisa mendapatkan aplikasinya di Google Playstore, melainkan Anda harus mengunduhnya secara manual di Google biasa.
  • Ada banyak sekali situs internet yang bisa Anda gunakan untuk mendownload Root Browser ini. Setelah Anda mendapatkan situs yang mendukung, Anda bisa mendownload file bootanimation.zip dari smartphone.
  • Setelah proses download aplikasi sukses, Anda bisa membuka aplikasi tersebut dengan mencarinya di system > media.
  • Jika Anda sudah menemukan unduhan tersebut, langkah selanjutnya ialah ialah tekan file tersebut dan tahan untuk beberapa lama sampai muncul option. Pilih rename dan ubah nama file tersebut dengan nama bootanimation.zip1
  • Kemudian buka Google dan browse Boot Animation yang ingin Anda ubah. Copy file zip dari boot animation pilihan Anda ke menu system > media. Jangan lupa untul menekan file dan tahan agak lama sampai muncul menu Permission.
  • Pada menu tersebut, pilih kotak ““group-read”, “others-read”, dan “owner-read-write”. Lalu klik Ok. Jika file zip yang Anda dowload tadi memiliki nama yang berbeda maka Anda bisa menggantinya dengan nama bootanimation.zip. Pastikan nama file tersebut benar sehingga system android bisa mengenali boot animation tersebut.
  • Langkah terakhir yaitu Anda bisa melakukan reboot smartphone. Tunggu sampai Anda bisa melihat boot animation yang baru saja Anda download.
  • Yang perlu di ingat adalah Anda harus memiliki 2 jenis boot animation di smartphone Anda. Sebelumnya Anda sudah memiliki dua file zip yaitu bootanimation.zip dan bootanimation.zip1. 
Apabila Anda ingin kembali ke boot animation yang asli sesuai ketentuan vendor android, Anda hanya perlu menghapus file bootanimation.zip. Lalu rename atau ubah nama file yang satunya yaitu bootanimation.zip1 menjadi bootanimation.zip. Cukup mudah bukan...

Baca Juga : Trik Menyalakan Lockscreen/Kunci Layar Android Tanpa Menekan Tombol Power

2.) Mengganti Boot Animation Android Dengan Aplikasi ROM Toolboox

Jika ingin menggunakan aplikasi ini, smartphone Anda harus dalam keadaan sudah diroot terlebih dahulu. Untuk langkahnya, simak penjelasan berikut.
  • Pertama, Anda bisa mengunduh dan menginstall aplikasi ROM toolbox dari Google Playstore.
  • Buka aplikasi ROM toolbox, geser tab ke kiri sampai Anda menemukan menu Interface. Tekan Boot Animation.
  • Pilihlah Boot Animation yang Anda suka lalu download file tersebut.
  • Preview file Animation Boot tersebut. Buka kembali aplikasi ROM toolbox dan pilih menu Rezise untuk menyesuaikan file dengan resolusi smartphone. 
  • Selanjutnya klik install.
  • Setelah selesai, silakan reboot smartphone Anda hingga muncul boot animation terbaru.

3.) Mengganti Boot Animation Dengan Aplikasi Boot Animation

Jika cara sebelumnya menggunakan cara manual, kali ini Anda bisa menggunakan cara resmi yaitu menggunakan aplikasi Boot Animation yang bisa di unduh melalui Google Playstore. Namun satu hal yang penting, Anda harus me-root smartphone terlebih dahulu. Untuk langkah selengkapnya simak tutorial di bawah ini.
  • Langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu buka aplikasi Google Playstore di smartphone Anda.
  • Cari aplikasi “Boot Animation” lalu unduh dan pasang di smartphone. 
  • Setelah pemasangan sukses, buka aplikasi Boot Animation tersebut.
  • Pada tampilan pertama, Anda bisa melihat tampilan menu. Pilihlah opsi Back-Up/ Restore. Klik opsi Back-Up dengan tujuan untuk menyimpan atau mem-back up Boot Animation smartphone Anda yang asli (bootanimation.zip).
  • Kemudian, Anda bisa memilih animasi boot yang di inginkan. Klik file tersebut sembari ditahan beberapa saat sampai muncul opsi lanjutan. Ubah nama file tersebut menjadi bootanimation.zip. Selanjutnya klik install.
  • Setelah proses penginstallan selesai, Anda bisa melakukan reboot smartphone seperti biasa sampai Anda bisa melihat tampilan Animation Boot yang baru.
Jika Anda ingin mengembalikan Animasi Boot smartphone yang asli, Anda bisa membuka aplikasi ini lalu klik Restore pada bagian Menu.

Bagaimana, tidak sulit bukan cara mengganti boot animation HP android? Yuk dicoba.
Advertisement
Cara Simple Mengganti Boot Animation HP Android Menggunakan Aplikasi Boot