Tips Android

follow us

Cara Mengatasi Aplikasi Force Close Dengan Mudah dan Efektif

Tips Cara Mengatasi Masalah Aplikasi Force Close | Sayangnya Aplikasi Telah Terhenti | Ketika sedang menjalankan sebuah aplikasi, adakalanya mendadak aplikasi tersebut terhenti dengan paksa. Pastinya pernahkan mengalami hal tersebut? Dan nyatanya, ada banyak kemungkinan yang menjadi penyebab aplikasi tersebut terhenti atau keluar dengan sendirinya. Nah, untuk itu, berikut ini kami akan bagikan beberapa informasi/penjelasan mengenai penyebab dan cara mengatasi aplikasi yang sering Force Close tersebut. Silahkan disimak.

Penyebab Aplikasi Force Close

Aplikasi android yang sering terhenti dengan paksa disebabkan oleh beberapa hal. Misalnya seperti berikut ini:
  • Aplikasi yang berjalan merupakan aplikasi bajakan atau aplikasi yang tidak diunduh secara resmi melalui Play Store.
  • Kemungkinan kedua adalah karena koneksi internet terputus. Untuk kasus ini, hanya terjadi pada aplikasi yang membutuhkan data internet untuk pengoperasiannya. Jadi saat internetnya terputus, otomatis aplikasi tersebut terhenti dengan paksa.
  • Kemungkinan aplikasi yang masih bersifat beta.
  • Sisa ruang RAM yang tidak mencukupi sehingga aplikasi tidak dapat berjalan dengan baik bahkan sampai terhenti dengan paksa (force close).
  • Adanya data yang corrupt pada aplikasi tersebut.
  • Ponsel tersebut memiliki versi Android yang sudah tua sehingga tidak dapat mendukung aplikasi untuk berjalan sepenuhnya.
  • Ponsel yang telah di root juga dapat mengakibatkan aplikasi menjadi lebih mudah force close.

8 Cara Mengatasi Force Close pada Aplikasi Android

Jika Anda telah mengenali penyebab aplikasi pada Android Anda selalu terhenti dengan paksa, maka berikut ini beberapa cara untuk mengatasi masalah tersebut:

1. Gunakan Aplikasi Resmi

Pastikan setiap aplikasi yang diunduh pada perangkat Android Anda merupakan aplikasi yang resmi. Menggunakan aplikasi resmi akan menghindarkan perangkat mengalami masalah-masalah seperti aplikasi yang mudah keluar sendiri atau masalah-masalah buruk lainnya.

2. Install Ulang Aplikasi Tersebut

Jika aplikasi tersebut masih sering keluar dengan sendirinya (force close) maka cobalah untuk mengatasinya dengan cara uninstall aplikasi tersebut terlebih dahulu, kemudian menginstallnya kembali melalui Play Store.

3. Update Aplikasi Tersebut

Setiap aplikasi yang diunduh pada Android kerap kali mengalami pembaruan, dan Play Store akan memberitahukan adanya pembaruan tersebut. Maka sebaiknya Anda rajin memperbarui, karena jika dipaksakan, seringkali aplikasi masih yang berjalan dengan versi lama akan mengalami kesalahan atau force close.

4. Hindari Root pada Android

Melakukan Rooting pada perangkat Android tidak dapat dilakukan dengan sembarangan. Rooting mungkin akan memberikan banyak keuntungan bagi Anda, namun apabila pada proses Rooting terjadi masalah, maka hal tersebut akan berdampak fatal pada perangkat Anda. 

Dan jika berhasil pun, Rooting tetap akan berpotensi menimbulkan masalah di kemudian hari dan akan membuat perangkat Anda menjadi tidak stabil. Untuk itu, sebaiknya, pikirkan seribu kali sebelum melakukan Rooting. Jika di rasa tidak terlalu mendesak, sebaiknya hindari itu.


5. Menghapus Aplikasi yang tidak Berguna

Smartphone memang dirancang dengan teknologi yang canggih. Namun secanggih dan sepintar apa pun perangkat Android yang Anda gunakan, tetap saja mereka memiliki kekurangan dan kelemahan. Jika Anda memiliki banyak aplikasi yang terpasang dan berjalan secara bersamaan, maka ini akan memperlambat kerja dari perangkat Android tersebut. Khususnya jika smartphone anda memiliki spec pas-pasan.

Wajar bila aplikasi yang sedang Anda gunakan akan terhenti begitu saja, karena perangkat bekerja terlalu keras. Maka dari itu, sebaiknya Anda menghapus sebagian aplikasi yang tidak bergitu berguna.


6. Force Close Aplikasi dengan Cara Manual

Selain menghapus aplikasi yang tidak begitu berguna atau jarang digunakan, langkah lainnya adalah dengan rutin memeriksa aplikasi yang sedang berjalan pada perangkat Anda. Dengan melakukan Force Close manual, akan membuat kerja perangkat Anda menjadi lebih ringan. 

Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu masuk ke bagian pengaturan, lalu pilih “Manager Aplikasi”, kemudian pilih aplikasi mana yang ingin Anda diberhentikan kemudian klik “Tutup Paksa”.

Dengan menutup paksa sebuah aplikasi, maka Anda tidak dapat menerima pemberitahuan apa pun mengenai aplikasi tersebut, namun Anda dapat membukanya kembali jika memang di butuhkan.


7. Kembali ke Pengaturan Pabrik

Cara berikutnya adalah dengan mengembalikan perangkat Anda ke pengaturan pabrik. Hal ini cukup mudah untuk dijalankan namun memiliki konskwensi tersendiri. Karena segala perubahan, modifikasi yang anda lakukan, akan terhapus dan kembali ke kondisi di mana Anda pertama kali membeli ponsel tersebut. Dan tentunya, bila melakukan cara ini, jangan lupa melakukan back up pada data-data penting, agar Anda tidak kehilangan data tersebut.

8. Hapus Data pada Aplikasi

Langkah terakhir yang dapat Anda coba adalah dengan menghapus data yang ada pada aplikasi tersebut. Menghapus data dapat menyebabkan Anda kehilangan seluruh informasi yang telah tersimpan pada aplikasi. Namun jangan khawatir, Anda dapat mengembalikan data tersebut dengan melakukan login kembali.

Baca Juga : Cara Mengatasi Tidak Bisa Login Akun Google di Android Setelah Factory Reset

Nah, demikian di atas 8 cara mudah mengatasi masalah aplikasi yang sering tertutup dengan sendirinya. Tidak sulit bukan?

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar