5 Cara Mudah Mengatasi Problem “Sayangnya Kamera Telah Berhenti” di Android

Cara Mengatasi Problem “Sayangnya Kamera Telah Berhenti” di Android | Siapa yang tidak suka selfie? Di era digital ini mengabadikan moment berharga dari setiap kegiatan yang kita lakukan seolah merupakan hal yang wajib dan tidak boleh terlupa, yang telah menjadi bagian hidup dari masyarakat modern sekarang. Oleh karena itu tidak heran jika banyak konsumen yang mencari smartphone android, terutama yang dibekali dengan spesifikasi kamera yang dapat menghasilkan foto dengan kualitas bagus.

cara mengatasi Sayangnya Kamera Telah Berhenti

Walaupun android yang kita miliki telah dibekali dengan spesifikasi yang mumpuni, namun bukan berarti terbebas dari permasalahan umum yang biasanya terjadi. Dan salah satu permasalahan umum yang biasa terjadi, terkhusus untuk anda para pecinta selfie adalah tiba-tiba saat membuka kamera muncul pesan “sayangnya kamera telah berhenti”.

Biasanya permasalahan ini disebabkan karena sesaknya memori penyimpanan internal yang menyebabkan RAM menjadi sangat berat, cache yang terlalu menumpuk, dan bisa juga karena telah di-root atau smartphone Android anda telah terkena virus. Lantas bagaimana solusinya? Jangan panic, karena kali ini kamia akan segera membagikan tips tentang cara mudah mengatasi “sayangnya kamera telah berhenti” di android. Penasaran?

Tips Jitu Mengatasi Masalah “Sayangnya Kamera Telah Berhenti” di Android

1.) Hapus Cache Kamera.

Seperti yang sudah disinggung diatas bahwa salah satu penyebab kamera smartphone anda tidak dapat digunakan adalah karena menumpuknya cache sehingga mengakibatkan kinerja smartphone menjadi lambat. Biasanya hal ini terjadi karena anda lupa untuk menutup aplikasi-aplikasi yang sedang berjalan.

Untuk membersihkan cache tersebut, anda bisa menggunakan aplikasi seperti CC Cleaner ataupun Clean Master, yang bisa langsung diunduh melalui Google Play Store. Atau jika tidak ingin ribet anda bisa menghapusnya secara manual, langsung dari pengaturan smartphone anda.

Caranya mudah, anda tinggal masuk ke menu pengaturan ->. klik pada aplikasi -> dan pilihlah running. Kemudian pilih aplikasi kamera ->scroll ke bawah dan pilih “hapus cache”. Dengan demikian cache yang terdapat pada kamera smartphone otomatis sudah dibersihkan.

2.) Hentikan Aplikasi Kamera dan Hapus Datanya.

Cara mudah untuk mengatasi “sayangnya kamera telah berhenti” di android berikutnya yang bisa anda lakukan adalah dengan menghentikan aplikasi kamera yang sedang anda gunakan dan menghapus datanya.

Loh, kenapa harus begitu? Karena pada dasarnya jika anda menghapus data pada kamera, maka pengaturan kamera anda akan kembali seperti semula,seperti saat pertama kali anda menggunakan. Dengan kata lain, error yang terjadi pada kamera dapat diatasi karena data cache pada kamera tersebut sudah dibersihkan.

Untuk melakukan tips kedua ini, anda hanya perlu masuk ke menu pengaturan -> carilah aplikasi running -> temukan aplikasi kamera -> klik “paksa berhenti” dan scroll ke bawah dan “hapus data”.

3.) Nonaktifkan Kamera dan Aktifkan Kembali.

Tips ketiga ini juga sangat mudah untuk dilakukan, dan juga terbukti berhasil dalam mengatasi “sayangnya kamera telah berhenti” di android. Cara ini ibaratnya seperti melakukan restart pada aplikasi kamera smartphone android, sehingga kamera tersebut dapat berjalan normal kembali seperti biasanya.

Untuk melakukan tips ketiga ini, anda masuk ke menu pengaturan -> cari dan pilih aplikasi yang sedang berjalan -> pilih aplikasi kamera -> pilih nonaktifkan aplikasi.

Nonaktifkanlah sesaat, dan kemudian aktifkan kembali. Coba cek aplikasi kamera anda pasti bisa digunakan lagi.

4.) Unroot Smartphone

Memiliki hak akses root memang mempunyai banyak keuntungan bagi smartphone android, namun adakalanya root tersebut membawa berbagai dampak error. Salah satu dampaknya adalah permasalahan yang sedang kita bahas ini.

Untuk mengatasinya adalah dengan melakukan unroot. Unroot dapat dilakukan pada aplikasi root yang anda gunakan saat melakukan root pada smartphone. Jika anda berhasil melakukan unroot, coba cek apakah kamera anda bisa digunakan kembali atau tidak. Jika iya, berarti penyebab utamanya adalah terletak pada root yang sudah anda lakukan.


5.) Kembalikan ke Pengaturan Pabrik (Reset)

Jika semua tips yang sudah dibahas tidak kunjung membuat kamera anda sembuh dan bisa digunakan kembali, maka tips terakhir dari kami yang bisa anda lakukan adalah dengan melakukan hard reset.

Hard reset atau kembali ke pengaturan pabrik berarti smartphone anda akan dikembalikan pada settingan default atau settingan awal sehingga semua data dan file yang anda simpan akan hilang. Namun keuntungannya smartphone anda akan terasa sangat ringan dan persis seperti baru. Oleh karena itu sebelum melakukan hard reset anda harus melakukan backup terlebih dahulu file-file penting yang anda punya.

Cara untuk melakukan hard reset sangat mudah, anda hanya perlu masuk ke menu pengaturan -> pilih backup and reset -> dan pilih kembalikan ke pengaturan pabrik -> reset ulang ponsel.

Baca Juga : Trik Mudah Mengubah HP Android Atau Smartphone Menjadi CCTV

Nah, itulah 5 tips jitu untuk cara mudah mengatasi “sayangnya kamera telah berhenti” di android. Semoga tips dari kami dapat bermanfaat dan anda dapat tersenyum kembali karena sudah bisa mengabadikan moment berharga lagi menggunakan kamera smartphone android kesayangan anda.
Advertisement
5 Cara Mudah Mengatasi Problem “Sayangnya Kamera Telah Berhenti” di Android