Baca Nih..!! Cara Meningkatkan Sistem Keamanan Pada PC/Laptop Kamu

Cara Melindungi Sistem Pada Komputer & Akun Kita - Kebutuhan komputer saat ini sangat penting untuk di miliki oleh para pelajar maupun profesional bahkan ibu rumah tangga sekalipun, entah itu dalam bentuk PC ataupun Laptop, bahkan smartphone. Karena memang dengan perangkat ini hidup kita akan lebih mudah, semua informasi dapat kita akses melalui PC/Laptop asalkan terkoneksi dengan internet, bahkan dengan semua perangkat ini dapat kita menfaatkan untuk menghasilkan uang sehingga menjadi lahan bisni baru.

Namun tahukah anda, ancaman virus, maleware dan hacker selalu mengintai perangkat lunak ini. Nah untuk melindungi komputer/laptop kita sebaiknya anda perhatikan tips tips yang akan saya persembahkan untuk anda semua..


Cara Meningkatkan Sistem Keamanan Pada PC/Laptop Kamu

1. Sebaiknya Anda Instal Antivirus
Bagi kalian yang sudah menggunakan Windows 10, maka tidak usah repot-repot mengunduh antivirus lagi, karena Windows 10 sudah memiliki antivirus bawaan di dalamnya. Kalian juga bisa menambahkan antivirus lain seperti Kaspersky, AVG, Avast dan lainnya agar data-data di dalam komputer menjadi lebih aman.

2.) Sebaiknya Gantilah Password Secara Berkala
Hal yang satu ini wajib banget kalian lakukan. Demi menjaga akun email atau akun yang lainnya agar tetap aman, gantilah password secara berkala. Agar mudah dalam mengingatnya, Gantilah semua password akun kalian dengan password yang sama.

3.) Tetap Waspada Ketika Melakukan Pembayaran Secara Online
Jangan pernah berikan data pribadi dan nomor rekening kalian saat sedang berbelanja online, kerana ini bisa saja menyebabkan penipuan. Jika kalian menggunakan sistem rekening bersama saat melakukan pembayaran pada sebuah platform e-commerce, pilihlah platform yang sudah terpercaya saja.

4.) Sebaiknya Backup Data-Data Penting
Kalian pasti sering menyimpan data-data atau dokumen kalian secara offline pada penyimpanan yang sudah tersedia. Sebaiknya, backup jugalah data dan dokumen kalian ke penyimpanan secara online seperti Google Drive, DropBox dan lainnya.

Dengan begitu kalian sudah tidak perlu khawatir jika suatu saat data yang disimpan offline mengalami masalah seperti terkena virus, file korup dan sebagainya, karena seluruh data-data tersebut sudah mempunyai backupnya.

5.) Rajin Memperbarui Aplikasi dan Sistem Operasi
Setiap update aplikasi atau sistem operasi pasti semuanya membawa sesuatu yang baru seperti fitur baru, tampilan antarmuka baru, dan pasti juga membawa sistem keamanan yang lebih mumpuni dari sebelumnya.

Jadi janganlah malas untuk memperbaruinya yah. Bukannya menjadi lelet atau berat, ini justru akan membuat performa komputer kalian semakin meningkat.

6.) Gunakan Mode Incognito (Private) Ketika Menggunakan Komputer Lain
Jika kalian ingin membuka email, atau media sosial menggunakan komputer orang lain, sebaiknya, gunakanlah mode incognito agar semua kegiatan yang dilakukan tidak tercatat di dalam histori browser yang digunakan. Data-data kalian juga tidak akan tersimpan saat menggunakan mode ini.

7.) Jangan Pernah Buka Pesan Spam di Media Sosial 
Pesan Spam biasanya masuk melalui email kita yang berisi promosi dan iklan yang menarik. Tapi, jangan sesekali kalian membukanya apalagi meng-klik link yang ada di dalam  pesan spam tersebut. Ini Jelas sangat membahayakan karena kita tidak tahu dari mana pesan itu berasal.

Baca Juga : Jenis Posel/Smartphone Yang Tidak Dapat Gunakan Aplikasi WhatsApp
Demikianlah beberapa tips yang dapat kami sarankan untuk anda semua guna mengamankan, melindungi personal komputer (Laptop) agar terhidar dari virus, maleware dan hacker.

referensi : selular.id/tips
Advertisement
Baca Nih..!! Cara Meningkatkan Sistem Keamanan Pada PC/Laptop Kamu

Buka Komentar