Smartphone Ram 4 Giga Semakin Lancar Kinerjanya, Benarkah?!

Smartphone Ram 4 GigaSmartphone ram 4 giga kini banyak dicari, padahal gadget (smartphone) Android sudah dibekali RAM sebesar 150 hingga 250 MB saja. Smartphone ram 4 giga tentunya sangat dicari-cari ya! Lambat-laun, perkembangan zaman membuat teknologi dan aplikasi kian berkembang dan canggih. Berdasarkan permasalahan tersebut, kebutuhan akan kapasitas RAM juga makin meningkat.

Yang awalnya cukup dengan RAM berkapasitas 512 MB, 1 GB, 2 GB, dan sekarang mulai muncul gadget dengan kapasitas RAM lebih besar, yaitu smartphone RAM 4 Giga.


Cari Smartphone Ram 4 Giga ? Kenali Dulu Cara Kerja RAM Pada Smartphone


RAM atau Random Access Memory memiliki fungsi seperti jembatan. RAM akan mengodifikasi setiap aplikasi yang sedang dan sering kamu gunakan. Melalui RAM, setiap data akan ditulis dan dihapus setiap saat. Daya yang penting digunakan untuk aplikasi yang mudah diakses jikalau RAM sering di-write-read oleh Operating System atau OS.

Makin besar kapasitas RAM, maka makin luas juga file data yang dapat kamu akses dan disimpan, di dalam RAM berkapasitas kecil, seperti 512 MB, file data yang berukuran besar akan terhapus sewaktu gadget tengah di-reboot atau di-restart, sehingga tak heran kalau gadget ber-RAM kecil sering lola atau loading lambat di awal setelah reboot. Nah, langkah paling bijak adalah dengan memiliki smartphone RAM 4 Giga.

Apakah Smartphone Ram 4 Giga Sudah Sesuai Kebutuhanmu?!

Jika kamu memperhatikan, semakin besar RAM pada gadget, maka kamu akan mendapatkan performa yang mengesankan. Berkat kian majemuknya prosesor, seperti 64-bit dengan Octa-Core kepunyaan iPhone, maka aplikasi akan makin besar dan memakan memori di dalam RAM tersebut.

Sebagai contoh kasus, jika kamu menggunakan aplikasi BBM yang notabene memiliki kapasitas memori sebesar 100 MB, lalu Browser seperti Chrome yang bisa memakan hampir 300 MB, ditambah permainan 3 dimensi yang kamu install. Wah, makin halus grafik 3D, maka kapasitas RAM pun kian digenjot maksimal.

Apalagi tambahan suara, efek, lalu tekstur yang akan membebani RAM. Cerdiknya sistem multitasking di gadget mampu mematikan aplikasi yang tidak perlu sewaktu RAM sedang bekerja berlebihan. Maka, kami berasumsi jika kian besar kapasitas RAM pada gadget, semakin baik performa. Berbeda lagi kalau kamu seorang pencinta game menggunakan gadget, memilih gadget yang memiliki RAM hanya 512 MB tentu bukan pilihan yang tepat.

Saat ini tiap-tiap games menawarkan animasi yang kian halus, sedangkan penggunaan RAM 512 MB bisa membuatmu cemas dan stres akibat lag-time yang keterlaluan lamanya. Begitu juga dengan kian banyaknya aplikasi bawaan atau yang kamu unduh, makin banyak RAM yang dibutuhkan.

Sebenarnya pada Android KitKat bisa dijalankan dengan baik pada gadget yang kapasitas RAM-nya hanya 512 MB. Dengan kata lain, saya mencoba menyimpulkan jika efisiensi memori menjadi perhatian Google pada kinerja aplikasi.

Hal ini malah kebalikan dari Google, pihak developer sebagai aplikasi pihak ketiga kurang memperhatikan masalah ini. Selama users membaca setiap review dan kapasitas game yang akan diunduh, kalau aplikasi lola, maka users tidak paham dengan gadget miliknya.

Bagaimana, kamu sudah menyadari kebutuhanmu? Jika sudah, selain mencegah lag-time, smartphone RAM 4 giga sebenarnya bisa menghemat konsumsi baterai. Hal ini berkaitan dengan makin besar RAM, maka proses antara GPU (Graphic Processing Unit) atau display dengan ROM (Read-Only Memory) atau storage, kinerjanya makin cepat.

Maka dari itu, konsumsi baterai tidak berlebihan, meski terkadang tambahan power-input, seperti power bank tetap kamu butuh kan. Yang perlu kamu garis bawahi adalah selama daya baterai terjaga, maka lag-time pun dapat dihindari. Sekian informasi kali ini tentang Smartphone Ram 4 Giga, semoga bermanfaat, dan terima kasih.
Advertisement
Smartphone Ram 4 Giga Semakin Lancar Kinerjanya, Benarkah?!


Buka Komentar