Bingung Cari Casing HP? Kenali Dulu Yuk Jenisnya

Mengenal Jenis Casing HP - Kebutuhan akan smartphone saat ini sudah tidak terelakkan lagi, dari orang dewasa hingga baby 2 umur 2 tahun sudah pegang HP, sebagaimana alat elektronik lainnya adanya HP yang di bawa kemana mana (mobile) tentunya sangat beresiko jika jatuh terbentur benda keras, kemasukan air, dan terkena suhu panas yang berlebihan.

Untungnya sekarang banyak bertebaran asesoris ponsel yang mengurangi risiko kerusakan dari terbentur benda keras dan kemasukan air berupa Casing, sarung HP ataupun cover HP yang jelas fungsinya sama yaitu demi keamanan.

Nah Jika kamu mau berniat membeli casing ponsel kesayanganmu, untuk memilih casing yang cocok buat HP kamu, tentunya harus mengenal jenis-jenisnya terlebih dahulu dan kegunaannya masing-masing, agar casing yang di pilih sesuai dengan smartphone dan kebutuhan kamu, dibawah ini saya berikan contoh dan nama juga kegunaan masing masing casing....

Jenis & Macam Casing Smartphone/HP/Ponsel/Handphone


1. Pouch case

Jenis casing smartphone yang satu ini juga sering disebut dengan sarung HP. Yup, pouch case sebenarnya lebih berfungsi sebagai tempat penyimpanan handphone selama tidak digunakan, misalkan saat sedang disimpan di dalam tas. 

Nah pouch case ini akan melindungi smartphone kamu dari goresan benda-benda lain yang ada di dalam tas. Biasanya casing jenis ini terbuat dari busa yang dilapisi dengan kulit sintesis di bagian luarnya.

2. Folio case

Sama halnya dengan flip cover, selain melindungi bagian belakang, jenis casing handphone yang satu ini juga dapat sekaligus berfungsi sebagai pelindung layar. Bedanya, untuk menggunakan casing ini, kamu tidak perlu melepaskan back casing smartphone kamu.  


Folio case ini juga bersifat universal dan bisa digunakan untuk beberapa tipe smartphone, selama ukuran dan dimensinya sama, serta dilengkapi juga dengan space lebih yang bisa kamu gunakan untuk menyimpan benda lain seperti kartu nama dan uang. Casing handphone jenis ini biasanya terbuat dari bahan leather atau kulit sintesis yang lembut, sehingga mampu menahan benturan.

3. Hardcase

Hardcase adalah jenis casing yang keras dan biasanya terbuat dari bahan yang keras seperti alumunium dan plastik fiber. Dengan teksturnya yang keras dan tampilannya yang agak mengkilap, jenis casing hp yang satu ini akan membuat handphone kamu akan terlihat lebih kokoh dan elegan. 

Selain itu, hardcase juga mampu melindungi smartphone kamu dari benturan dan juga membuat membuat smartphone tidak cepat panas karena sifatnya yang menyerap panas. Namun kelemahannya, hardcase rentan akan retak dan pecah saat terkena benturan keras seperti jatuh ke lantai.

4. Flip cover

Flip cover merupakan jenis casing handphone yang menutup bagian belakang sekaligus bagian depan sehingga bisa juga berperan sebagai pelindung layar. Bagian depannya terbuat dari bahan kulit atau kain berbusa, sementara bagian belakang terbuat dari plastik fiber. Jika ingin menggunakan casing jenis ini, kamu harus melepas back casing atau tutup belakang dari handphone kamu dan menggantinya dengan bagian belakang flip cover.


Jenisnya pun beragam, ada yang seluruh bagian depannya tertutup, ada juga yang dilengkapi dengan jendela view di bagian depan case sehingga memudahkan kamu untuk melihat jam dan juga melihat panggilan telepon yang masuk, tanpa harus membuka bagian depannya.

5. Waterproof case

Toppers suka berenang, menyelam, ataupun melakukan aktivitas di dalam air lainnya? Pastinya mau tetap eksis foto-foto dong walaupun di dalam air? Nah kamu bisa menggunakan waterproof case yang mampu menahan air mengenai dan masuk ke smartphone kamu. 


Biasanya casing anti air ini terbuat dari bahan polycarbonate yang elastis sehingga kamu tetap bisa mengoperasikan smartphone kamu seperti biasa walaupun sedang berada di bawah air. Selain itu, bahan ini juga memiliki anti UV dan mampu menahan silau.

6. Softcase

Jika smartphone kamu membutuhkan perlindungan yang lebih, softcase bisa jadi pilihan yang paling tepat. Casing handphone yang satu ini tergolong sebagai jenis casing yang paling banyak diminati saat ini, mungkin Toppers juga salah satu penggunanya? Karena terbuat dari bahan yang lunak seperti karet, silikon dan busa yang dilapisi dengan kain ataupun kulit, softcase memiliki kemampuan yang sangat baik untuk menahan benturan dengan meredam benturan tersebut. 


Selain itu, bahannya juga sangat nyaman disentuh dan tidak licin, sehingga kamu pun akan lebih nyaman saat menggunakan smartphone. Sayangnya, model softcase ini cenderung mudah kotor dan tidak mampu mengalirkan panas dengan baik karena sifatnya menahan panas dan tidak mengalirkan panas ke luar.


Itulah jenis jenis casing handphone yang harus kamu ketahui sebelum membelinya. Jika artikel ini bermanfaat silahkan di share ya...

Reverensi: https://blog.tokopedia.com/
Advertisement
Bingung Cari Casing HP? Kenali Dulu Yuk Jenisnya

Buka Komentar