Cara Menyembunyikan File Pada Android

Tps Android - Bagimana Cara menyembunyikan/hidden file video, foto, mp3, gambar dan folder di Smartphone dan Tablet Android? -  Banyak alasan orang ingin menyembunyikan file pada androidnya, misalnya foto atau gambar yang bersifat pribadi. Biasanya kalau yang bersifat pribadi kita akan malu jika diketahui orang lain saat dia meminjam dan melihat isi dari android kita. Lalu adakah cara untuk menyembunyikan berbagai file pada android? Jika anda mau otak atik ada caranya tanpa menggunakan aplikasi lain, Android ini sebenarnya sudah dibekali fitur yang lengkap cuma kita yang belum mengenali secara mendalam sehingga kesulitan sekedar menyembunyikan file saja. Bukan hanya file tapi folder juga bisa kta sembunyikan...


Sebenarnya kita bisa melakukannya secara manual hanya dari file manager (explorer). Semua Smartphone dan Tablet Android telah dibekali aplikasi file manager bawaan yaitu "My File" (File saya) yang ada di memory intertnal, jika anda tidak ada "File Manager" bisa download dulu di google play store misalnya ES File Explorer, Astro File Manager, Dual File Manager XT, App Manager dan masih banyak lagi.

Cara Menyembuyikan (Hidden) File Pada Android

1. Cara  Menyembunyikan Video, Foto dan Gambar Agar Tidak Muncul Di Galeri
Galeri merupakan pusat tempat berbagai macam jenis file hiburan. Dimana, semua jenis file tersebut akan muncul disana dan bisa kita lihat. Trik berikut ini adalah untuk membuat foto atau video agar tidak muncul di galeri.

  • Buka file manager lalu cari folder tempat kita menyimpan gambar atau video.
  • Buat sebuah file baru didalam folder tersebut lalu beri nama .nomedia.
  • Sekarang coba anda buka Galeri maka file tersebut tidak akan ditampilkan disana.
Dengan Menuliskan .nomedia  tersebut tujuan-nya agar sistemnya tidak melakukan scanning terhadap file yang ada didalam folder tersebut. Termasuk jenis file audio seperti file musik, lagu MP3 maupun hasil rekaman pun tidak akan dimunculkan di aplikasi musik player. Jika ternyata file masih terlihat, coba reboot Android anda.

2. Cara Menyembunyikan Folder Di Android Tanpa Aplikasi
Dengan cara kedua ini, kita akan menyembunyikan sebuah folder. Apapun jenis file yang ada didalamnya maka tidak akan bisa dilihat.


  • Buka file manager lalu cari folder yang ingin disembunyikan.
  • Ganti nama folder tersebut dengan menambahkan karakter titik/dot didepannya. Sebagai contoh .hilang
Folder tersebut tidak akan terbaca dan disembunyikan karena secara langsung kita telah membuat ekstensi yang tidak bisa dibaca oleh sistem Android. Lalu bagaimana cara membuat folder tersebut kembali ada dan kita bisa mengakses file didalamnya? Buka file manager lalu tap Setting. Kemudian cari pengaturan yang biasanya dinamakan Show hidden files.


Baca juga: CARA MUDAH MEMOTONG VIDEO DARI ANDROID

Begitulah cara menyembuyikan berbagai jenis file seperti video, foto mp3 dan folder di Smartphone dan Tablet/Android tanpa menggunakan aplikasi. Dengan tanpa menggunakan aplikasi lain ini anda dapat menghemat space memory internal anda...

Reverensi: www.heyriad.com
Advertisement
Cara Menyembunyikan File Pada Android

Buka Komentar