Cara Mengaktifkan USB Debagging Dan MTP USB Devices Tidak Terdeteksi Oleh PC

Tips Android - Bagaiamana cara mengaktifkan fitur USB Debagging pada android? dan bagaimana Mengatasi masalah MTP USB Device dari android yang tidak terdeteksi atau terbaca oleh komputer/laptop? - Syarat utama agar android kita bisa tersambung dengan PC/Laptop adalah terbacanya MTP usb device dan mengaktifkan fitur debagging pada android kita, jika ke-2 itu gagal tersambung dan terbaca maka kita tidak akan bisa mentrasfer data dari PC atau sebaliknya dari android ke PC. Dan juga kita tidak bisa menjalankan aplikasi dari android kita di PC/laptop.


Kemarin saya mencoba menyambungkan Android ke komputer tapi entah kenapa tidak terdetesi oleh komputer, biasaya jika terbaca pada my computer antara drive C dan D ada gambar icon handphone sebagai tanda android sudah tersambung padahal pengaturan USB debagging sudah saya aktifkan dan pada menu mendebag USB juga sudah saya centang, Lalu saya coba lihat pada device manager >> portable devices ternyata disitulah penyakitnya terlihat yaitu ada tanda seru warna kuning pada tulisan "MTP USB Device", berarti drivernya minta di update. Lalu bagaimana caranya.,..? ok langsung saja akan saya kasih tutorialnya..

1. Cara Mengaktifkan USB Debagging

1. Silakan menuju menu setting (setelan) pada android anda, kemudian geser cari dan tab fitur "Pilihan Pengembang" (developer) kemudian aktifkan lihat gambar ke-2 dibawah ini. 


2. Lalu geser menuju kebawah disitu anda cari "Mendebag USB" (USB Debagging) silakan centang (ceklist) sampai disini masalah USB Debagging sudah teratasi

2. Cara Mengatasi masalah MTP USB Device dari android yang tidak terdeteksi atau terbaca oleh PC/laptop

a. Sebenarnya saat anda menyambungkan perangkat Android ke Komputer melalui kabel USB, maka secara otomatis beberapa driver pendukung akan install sendirinya. Dan driver yang gagal install ini akan memberikan notifikasi dengan muncul pada layar komputer kita seperti gambar dibawah ini...


2. Untuk mengatasi ini silakan anda menuju ke Device Manager, caranya mencari fitur ini pada komputer salah satunya dengan klik pada Control Panel >> Hardware And Sound >> Cari Pada Device Printer disitu pasti ada "Device Manager" atau kalau bingung cara lainya klik saja icon Start Windows kemudian ketiklah pada pencarian dengan tulisan "Device Manager" pasti ketemu, anda klik saja..


3. Sekarang dobel klik pada "Portable Device" pasti akan terlihat tanda seru warna kuning pada MTP USB Device, silakan klik kanan dan kemudian properties lalu pilih Driver dan Update driver >> OK atau setelah klik kanan langsung pilih "Update driver Software..."


4. Kemudian akan tampil halaman seperti dibawah ini anda pilih “Browse my computer for driver software”


5. Lalu pilih “Let me pick from a List of device drivers on your computer”   dan "Next"...


6. Kemudian Klik pada "MTP USB Device"  dan "Next"....


BACA JUGA: CARA MENGATASI MASALAH PULSA DAN KUOTA DATA INTERNET DI ANDROID CEPAT HABIS

Nah sampai disini silakan tunggu karena sedang proses Update driver, begitulah Cara Mengaktifkan USB Debagging Dan Mengatasi Masalah MTP USB Devices Pada Android Tidak Terbaca Oleh Komputer/Laptop...Jika bermanfaat silakan di share ke sosial media dibawah ini..

Advertisement
Cara Mengaktifkan USB Debagging Dan MTP USB Devices Tidak Terdeteksi Oleh PC

Buka Komentar