Apa Itu GPU, CPU Prosesor, RAM, Data Storge Pada Smartphone?

Ulasan Tekno - Mengenal Apa Itu GPU, CPU Prosesor, RAM, Data Storge Pada Smartphone. Menyambung artikel sebelumnya yang telah mengulas seberapa penting Handphone dengan RAM yang besar, pada kesempatan kali ini saya memberikan uraian singkat mengenai beberapa komponen dalam Smartphone meliputi CPU, GPU, RAM dan Data Storge. Layaknya sebuah komputer Smartphone android, tablet dan iphone untuk menjalankan aplikasi dan perangkat lain-nya memerlukan komponen tersebut.

Memahami spesifikasi ponsel adalah hal pertama yang harus diketahui ketika membeli Smartphone, berapa kemampuan kecepatan prosesor anda dalam menjalankan aplikasi single atau multitasking, berapa kapasitas memori RAM anda dalam menyimpan cache dll, berapa kemampuan GPU anda saat sedang menjalankan aplikasi yang membutuhkan resolusi graphic besar seperti gambar game, video photo dan lain lain.


Mengenal Apa Itu GPU, CPU Prosesor, RAM, Data Storge Pada Smartphone

RAM Memory: 
Adalah tempat penyimpanan sementara dari sistem atau aplikasi yang di jalankan, bisa berupa cache, dsb.

GPU: 
Yaitu engine yang khusus bertugas untuk mengolah tampilan grafis seperti image, video, aplikasi dan game yang memiliki resolusi baik rendah atau tinggi. Contoh ATI Adreno, Mali, GeForce, PowerVR, dll

Prosecesor CPU: 
Yaitu engine utama yang menjalankan seluruh sistem operasi dan aplikasi yang ada didalam ponsel. Contoh Qualcom Snapdragon, Nvidia Tegra, OMAP 3, Cortex-A9.

Data Storage: 
Maksudnya tempat penyimpanan data sistem dan aplikasi, internal yang sudah tertancap di bawaan ponsel dan eksternal yang kita pasang sendiri berupa memori micro sd, dsb.

Sebenarnya kualitas keseimbangan komponen menentukan kinerja ponsel itu sendiri, misalnya dua buah ponsel memiliki prosesor yang sama 1,2 Ghz tapi belum tentu peforma-nya sama karena tidak di dukung oleh komponen lainya yang mungkin berbeda kapasitasnya, makanya saat memilih smartphone harus jeli dalam melihat komponen pendukung lain-nya, apa lagi sekarang bertebaran smartphone pendatang baru menawarkan performa prosesor tinggi, tapi lihat dulu komponen pendukung lainya seperti RAM atau GPU-nya  mampu tidak untuk menjalankan-nya...

Sumber : http://pusatteknologi.com/
Advertisement
Apa Itu GPU, CPU Prosesor, RAM, Data Storge Pada Smartphone?

Buka Komentar