Hp Kecemplung Di Air? Ini Solusinya! Tips Mengatasi Hp Kemasukan Air

Tips Mengatasi Hp Kemasukan Air - Seberapa perhatiannya kita untuk menjaga smartphone kesayangan, nasib buruk sering hadir dan tidak bisa dihindari. Memang tidak semua smartphone memiliki kemampuan tahan terhadap air, maka dari itu kita perlu menjaganya baik-baik agar tidak rusak.

Sayangnya, kelalaian sebagai sifat alamiah seorang manusia tidak bisa dipungkiri. Untuk berbagi pengalaman, saya ingin membahas tentang tips mengatasi HP kemasukan air. Antisipasi Kelalaian Dengan Tips Mengatasi Hp Kemasukan Air Ini


Saya pernah mengalami kejadian apes tentang rusaknya smartphone yang diakibatkan kelalaian. Saat di perjalanan sepulang dari kampus, tiba-tiba hujan turun dengan deras. Saya tak memedulikan tubuh terkena hujan karena sebentar lagi akan sampai di indekos. Eh, ternyata, setelah sampai di indekos dan berganti pakaian.

Mata saya tertuju ke arah saku baju yang terlihat menonjol. Ternyata saya lupa kalau smartphone sempat saya letakkan di sana. Beruntung, saya masih ingat pesan yang dikatakan kawan saya tentang tips mengatasi HP kemasukan air.

Cara Dan Tips Mengatasi Hp Kemasukan Air

Selain terkena hujan, seringkai kecerobohan pengguna, seperti terjatuh ke wastafel, atau mungkin terlempar ke kolam renang, bisa membuat pemilik smartphone kebingungan untuk mengatasi masalah ini. Pada uraian selanjutnya saya akan menjabarkan tentang beberapa cara mengatasi smartphone yang terkena atau kemasukan air. Silakan diperhatikan.

1. Segera mematikan perangkat. 

Langkah pertama setelah menyadari jika smartphone-mu terkena air adalah Mematikan perangkat, disusul dengan melepas baterai smartphone akan melindungi komponen yang ada di dalamnya. Setelah melepas baterai, jangan lupa melepas kartu SIM, SD Card, dan segala sesuatu yang terpasang di dalam smartphone.

Melepas komponen-komponen tersebut akan menghindari konslet atau kerusakan yang dapat menyebar ke seluruh perangkat. Kalau sudah kamu lepas, jangan terburu-buru menyalakan kembali, dan ikuti langkah-langkah penanganan yang saya tuliskan kali ini.

2. Membuka casing perangkat untuk memberikan jalan udara (sirkulasi udara). 

Setelah mematikan perangkat, silakan melepas casing, dan buka seluruh aliran udara. Oh iya, jangan melepaskan sekrup pada komponen karena memiliki Liquid Damage Indicator (LDI), kalau terusik membuat garansi pabrikan akan hilang.

Kalau perlu, goyangkan perangkat secara perlahan agar air yang ada di dalam perangkat dapat keluar. Namun kamu perlu berhati-hati sewaktu mengguncangkannya, bisa saja air yang ada malah mencapai ke bagian lain dan memperburuk keadaan.


3. Gunakan kain yang bersifat menyerap air. 

Kamu masih memiliki alternatif lain untuk menghilangkan air, yaitu dengan menempelkan kain ke bagian yang basah.

4. Sedot air pada perangkat menggunakan vaccum cleaner. 

Cara ini terbilang efektif untuk mengeluarkan air dari smartphone-mu. Jangan sampai kamu meniup atau memanaskannya menggunakan pengering rambut karena dapat merusak komponen di dalam perangkat. Silakan memastikan sebelum menggunakan vacuum cleaner, yaitu dengan melihat kira-kira sudah tidak ada benda kecil (SIM Card, SD Card, dan baterai).


5. Silakan membeli ziplock dan isi dengan beras ataupun silica gel. 

Cara lain untuk menyerap air dari dalam perangkat adalah menggunakan ziplock yang sudah terisi beras atau silica gel. Kedua bahan ini memiliki kemampuan untuk mengurangi kelembaban. Kamu cukup memasukkan beras kering atau silica gel ke dalam ziplock dan benamkan perangkat basahmu ke dalamnya. Biarkan selama dua hari dan jangan terburu-buru menyalakannya sampai benar-benar kering.

Baca Juga : Jenis & Macam Casing Smartphone/HP/Ponsel/Handphone

Demikianlah artikel yang membahas tentang tips mengatasi HP kemasukan air. Semoga memberikan manfaat bagimu dalam mengatasi permasalahan smartphone kemasukan air. Sekian dari saya, terima kasih, dan sampai jumpa di lain waktu.
Advertisement
Hp Kecemplung Di Air? Ini Solusinya! Tips Mengatasi Hp Kemasukan Air