Tips Aman Sebelum Ponsel Android & iOS Anda Pindah Tangan Atau Dijual

Bagaimana Cara Mengamankan Data Pribadi Pada Ponsel Sebelum Di jual/Pindah Tangan - Tahukah anda ketika anda menjual atau memberikan HP smartphone anda kepada orang lain sebenarnya masih ada data pribadi yang tertinggal di dalamnya, yang mungkin akan mengancam keamanan yang menyangkut privasi anda pribadi. Data data yang masih tertinggal dan tercecer dalam smartphone ini biasanya belum terhapusnya email anda yang terdaftar ke google bagi pengguna android dan Apple inc. bagi pengguna produk iOS.

Dengan begitu orang yang menggunakan ponsel bekas anda apat mengakses berbagai media sosial dan akun perbankan anda, jika ini masih orang terdekat anda dapat mengawsinya, namun jika sudah pindah tangan ke orang yang tak dikenal maka akan di salah gunakan.

Tips Aman Sebelum Ponsel Android & iOS Anda Pindah Tangan Atau Dijual

Akan lebih baik Anda menghapus data-data penting yang ada di dalam smartphone dengan cara menghapus akun google atau keluar dari iCloud pada iOS lalu untuk pengguna android smarphone di reset. Kali Ini kami hadir memberikan Tips menghapus data di Ios dan Android yang dihimpun dari berbagai sumber...

1. Untuk Perangkat Android

Untuk perangkat berbasi Android, hal pertama yang perlu dilakukan di smartphone Android adalah mengeluarkan kartu SIM dan micro SD, dengan catatan jika Androd tersedia slot microSD -dari smartphone. Pasalnya saat ini smartphone Android yang dijual di pasaran sangat beragam jenis dan versinya, pengguna bisa mengikuti cara-cara di bawah sesuai dengan versi Android yang digunakan.

Untuk Android 4.0 ke bawah, 

Kamu bisa memulai dengan masuk ke menu setting kemudian privacy lalu factory data reset dan pilih reset. Seluruh data yang ada di dalam smartphone pun akan terhapus sepenuhnya.


Android Lollipop, 

Kamu bisa masuk ke menu setting kemudian privacy lalu factory data reset,dan klik erase everything.


Android 5.0 - 6.0 (Marshmallow) ke atas, 

Terkadang diminta untuk menghapus akun Google pengguna. Untuk bisa menemukannya, pengguna bisa membuka menu settings kemudian accounts dan tap akun Google. Pilih akun email Google dan tap ikon menu dan pilih remove account. Setelah ini, pengguna bisa reset dengan melalui settings kemudian backup and reset factory data reset, kemudian klik erase everything.


Masuk ke Google Scurity

Terlepas versi Android apapun yang digunakan, untuk memastikan kalau perangkat sudah tidak memiliki akses ke akun Google, pengguna bisa buka myaccount.google.com/security di peramban dan klik pada aktivitas dan notifikasi perangkat. Disini, akan tampak perangkat mana yang terhubung dengan akun Google kamu. Pilih yang ingin dihapus dengan meng-klik menu remove.

2. Perangkat berbasis iOS

Pertama yang harus diperhatikan pengguna Ios, adalah sebelum me-reset iPhone atau iPad, akun iCloud harus di signout terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk menonaktifkan kunci aktivitas yang terhubung dengan akun iCloud penggunanya.

Setelah sudah, buka menu settings, lalu general dan reset. Pengguna lalu pilih erase all content and settings > erase iPhone/iPad. Jangan lupa untuk mengonfirmasi kalau kamu ingin menghapus perangkat iOS, lalu masukkan kode sandi jika dibutuhkan.

Baca Juga: Ingin Tahu Bagaimana Blokir Video Youtube Yang Tidak Pantas Untuk Anak? Baca Yuk...!!!
Begitulah tips aman sebelum ponsel anda pindah tangan ke orang lain atau di jual, Sampai jumpa pada tips lainnya yang lebih menarik...

Reverensi: http://selular.id/8H5qgc
Advertisement
Tips Aman Sebelum Ponsel Android & iOS Anda Pindah Tangan Atau Dijual