Apakah Powerbank Berkapasitas Besar Harga Murah Membahayakan Smartphone?

Apakah Powerbank Berkapasitas Besar Namun Harganya Murah Dapat Membahayakan Smartphone? - Kebutuhan smartphone yang sangat vital memaksa kita agar ponsel kita selalu online dimanapun dan kapanpun, misalnya ketika di perjalanan. Tidak mungkin kita pulang dahulu lalu dicharger, hal ini sungguh tidak efektif. Solusi satu satunya adalah membeklali diri dengan penyimpan baterai portebel yaitu powerbank.

Saat ini banyak beredar di pasaran powerbank dengan kapasitas besar namun harganya cukup terjangkau. Pernah melihat powerbank dengan kapasirtas 10.000 mAh dengan harga sekitar Rp200 ribu hingga Rp300 ribu, wuih.. boleh juga tuh... bisa dipakai 2 samrtphon esekaligus.

Namun yang jadi pertanyaan apakah dengan harga yang murah begitu ada dampak buruk untuk smartphone kita? Harga murah, disokong kapasitas baterai yang besar, tentu membuat user akan kepincut membeli portable tersebut.


Namun di sisi lain, hal itu tentu memberikan sebuah tanda tanya, apakah menggunakan powerbank murah dengan kapasitas besar benar-benar aman,  serta lepas dari resiko merusak smartphone?

Laman Android Authority,  melansir bahwa powerbank dengan kapasitas daya yang besar seharusnya dijual dengan harga yang tinggi. Artinya powerbank yang dibanderol dengan harga murah biasanya menghadirkan kualitas yang “pas-pasan”.

Di laman yang sama, juga diuraikan seandainya portable charger tersebut dibanderol semakin murah, maka kemungkinan terdapat bagian penting dari spare part yang diabaikan. Hal ini dapat membuat powerbank tersebut tidak dapat mengeluarkan arus dan tegangan yang tidak sesuai, yang ujung-ujungnya dapat merusak smartphone.

Sementara itu, Daniel, salah satu pedagang aksesoris dibilangan Mal Ambasador, menginfokan sekarang ini memang semakin banyak powerbank murah berkapasitas besar yang beredar. Respon konsumen terhadap powerbank terbilang memuaskan. “Dalam sehari 5-6 unit powerbank berkapasitas 10000 mAh bisa terjual, rata-rata harganya dikisaran 2-3 ratus ribu, tergantung brand,” ucapnya.

Baca Juga: Cara Menghentikan Aplikasi WhatsApp (WA) Menyimpan file foto (download) Otomatis

Terkait dengan kualitas portable charger tersebut, Daniel, tidak bisa memberi komentar banyak. “Ada harga, ada kualitas. Semua balik ke konsumen. Secara akal sehat sih, harusnya dengan kapasitas besar powerbank itu harganya mahal. Mungkin produsen memiliki trik tersendiri, sehingga bisa menghasilkan powerbank berkapasitas jumbo dengan harga murah,”

Reverensi: http://selular.id/hx5pjW
Advertisement
Apakah Powerbank Berkapasitas Besar Harga Murah Membahayakan Smartphone?