Ingin Tahu Bagaimana Blokir Video Youtube Yang Tidak Pantas Untuk Anak? Baca Yuk...!!!

Bagaimana Cara Blokir Video Youtube Yang Tidak Pantas di Tonton Oleh Anak Anak? - Sepertinya perkembangan teknologi dalam bentuk audio atau video sudah tidak bisa dibendung lagi, anda bisa lihat anak anak SD kesana kemari sudah pada bawa smartphone yang didalam nya sudah dilengkapi paket internet. Bukan itu saja dirumah sekarang sudah pada berlangganan paket internet yang dari teknologi Fiber dan TV cable, sehingga sepertinya nonstop internatan dan streaming video youtube sampai kenyang. Ayah, ibu dan anak sama sama sudah tidak terkontrol.

Jika anda perhatikan dengan seksama itu video yang dari youtube ada yang positif memberikan ilmu pengetahuan sains, teknologi, hiburan dll. Namun rupanya ada sisi negatifnya juga yang tidak pants untuk di tonton oleh anak anak, video dewasa yang terlalu vulgar memamerkan auratnya, bahkan berhubungan badan dengan lawan jenis yang seharusnya dilakukan bagi yang sudah menikah. Bukan itu saja berita video hoax, penuh kebencian dan provokasi yang tidak mendidik juga sering bertebaran di situs youtube ini.
Cara Blokir Video Youtube Yang Tidak Pantas di Tonton Oleh Anak Anak

Lalu adakah cara menyaring, memililih, bahkan memblokir video yang tidak pantas untuk anak anak itu? rupanya pihak google sendiri sebagai pemilik situs Youtube.com juga menyediakan fitur yang ada dibawahnya, anda tinggal setting saja, selain itu ada tips lain yang menambahkan aplikasi pada smartphone, ingin tahu caranya? yuk baca selengkapnya dibawah ini...

Bagaimana Cara Memblockir Video Youtube Yang Tidak Pantas Untuk di Tonton Anak Anak?

Ok, dibawah ini ada 3 tutorial untuk memblockir video youtube, untuk anda ikuti langkah demi langkah yaitu;
  1. Dengan setting mode pembatasan (Restricted mode)
  2. Dengan Memblokir Pilihan Video Tertentu secara langsung
  3. Menggunakan Aplikasi Tambahan
Setiap cara akan kami terangkan secara jelas sesuai perangkat yang akan anda gunakan, Ok silahkan baca dengan seksama sebelum mempraktekan-nya, jika sudah paham lagsung saja...

1. Mengaktifkan Mode Pembatasan (Restricted mode) Pada Komputer/PC, Laptop, Samrtphone, Android, iOS

"Restricted mode" Mode Terbatas menyembunyikan video yang mungkin berisi konten yang tidak pantas ditandai oleh pengguna dan sinyal lain. Tidak ada filter yang 100% akurat, tetapi ini dapat membantu Anda menghindari konten video yang tidak pantas untuk mendapatkan konten yang paling pantas. 

Pilihan ‘Restricted mode’ boleh didapati dalam laman Youtube baik itu dengan menggunakan komputer peribadi, laptop, tablet maupun ‘smart phone’ anda.

A) Cara Block Video Youtube Melalui PC/Laptop

Sebelumnya anda harus masuk ke akun youtube.com anda, lalu Pada laman Youtube anda geser (scroll) kebawah maka akan anda dapatkan tulisan "Restricted mode off" nah yang harus anda lakukan adalah merubah off menjadi On lalu klik Simpan. Lihat gambar dibawah ini...


Pengaturan ini dapat anda ubah sewaktu waktu, dengan cara mengembalikan dalam mode Off, tentu saja dengan sign in pada akun yaoutube anda.

B) Cara Block Video Youtube Pada Samrtphone (Android, iOS, Windowsphone)

Silahkan buka aplikasi Youtube, lalu lihat pada pojok kanan atas ada menu tiga titik, silahkan anda Tab dan pilih menu 'Setting'


Kemudian Klik ‘General’. (lihat gambar dibawah) Anda bisa lihat bahawa ‘Restricted Mode’ berada dalam keadaan ‘off’. yang perlu anda lakukan Hanya klik ‘on’ dan laman Youtube dalam ‘smart phone’ anda, nah  kini berada dalam keadaan ‘Restricted Mode : On’.

2. Memblokir Pilihan Video Tertentu Secara Langsung

Cara ini dapat anda lakukan pada browser Chrome, Firefox, Opera. Karena saya pakai Chrome maka tutorial ini saya menggunakan chrome yang memang satu produk dengan Youtube, yaitu dengan menambahkan (Add on) aplikasi video blocker yang ada di toko browser Chrome, jangan khawatir ini membayar, gratis ko' karena memang ini fitur tambahan dari Google Chrome, firefox atau Opera. Caranya lihat gambar dibawah ini...


Hal yang pertama anda lakukan adalah pencarian melalui browser yang anda gunakan, lalu jika sudah ketemu klik saja maka anda akan diantar ke Chrome webstore, nah anda tinggal klik saja pada "Add On"


Jika sudah terpasang maka akan ada icon video blocker pada browser anda pada pojok kanan berupa bulat kecil berwarna merah yang di "rif", nah untuk menjalankan-nya anda pergi ke laman Youtube dan cari sembarang kata kunci video yang ingin di ‘block’. Apabila telah anda pilih video tersebut, klik kanan pada judul video dan klik ‘Block videos from this channel’.


Dengan cara ini anda bisa memblockir satu per satu sesuai pilihan anda, Silahkan anda pilih dan cari yang biasa anak anak tonton atau anda cari sendiri dengan kata kunci yang lain..


Jika anda ingin melihat video apa saja yang sudah di blockir, silahakan klik pada icon Video Blocker pada pojok kanan, maka akan terlihat daftar video yang sudah anda block (Lihat gambar di atas).

Blockir Video Youtube Sesuai Nama Channel
Mungkin juga terdapat video-video lain yang sejenis itu lagi yang masih belum di‘block’ dan hanya akan kelihatan dalam daftar video di bagian kanan apabila anda klik pada video tersebut. Maka, anda perlu lakukan memblockir sesui nama Channel untuk ‘block’ jenis video-video tersebut.


Klik icon ‘Video Blocker’ di bahagian atas kanan.  Klik ‘Add’. Masukkan nama ‘channel’ ke dalam ruang yang disediakan dan klik simbol ‘+’. (Nama ‘channel’ terdapat di bahagian bawah video – Contoh : ‘Superhero Fun Factory’)


Begitulah cara memblockir video youtube sesuai pilihan anda sendiri baik dengan cara satu per satu atau sesuai dengan nama channel penerbit dengan fitur "Video Blocker" yang dapat anda tambahkan pada browser.

3. Memblockir Video Youtube Dengan Aplikasi Tambahan

Ada berbagai pilihan aplikasi tambahan jika anda menggunakan Android, bagi anda yang pakai iOS ada juga namun namanya berbeda dengan yang saya share ini, silahkan anda cari sendiri. Untuk pengguna android ada Youtube Kidz yang didalamnya khusus video anak, jadi kita tidak repot block satu persatu, namun sayang hanya negara tertentu seperti US, UK, Australia, Irlandia, selandia baru, dan kanada. Alternatif lain anda bisa gunakan;

a)  Kids YouTuze Parental Control

Silahkan download melalui Google Playstore, Melalui aplikasi ini, ibu bapa dapat memilih sendiri beberapa ‘channel’ yang sesuai untuk ditonton oleh anak. Dengan cara ini, video yang tidak sepatutnya ditonton oleh mereka tidak akan keluar lagi baik melalui mode ‘auto play‘ maupun daftar video-video yang ada.

Cara menjalankan-nya:

  1. Anda Harus Tambah Saluran 
  2. Cari dan pilih untuk saluran Anda dalam pencarian saluran.
  3. Tekan lama pada saluran (menyentuh saluran seolah-olah Anda akan menambahkannya tapi tahan jari Anda di atasnya lebih lama)
  4. Sebuah kotak popup akan muncul menanyakan apakah Anda ingin menyalin ID saluran untuk playlist penyaring
  5. Tekan yes, nah Sekarang di playlist add Anda akan melihat daftar semua playlist untuk saluran itu.
b) Mobile Fence Parental Control
Aplikasi Mobile Fence Parental Control dapat anda download melalui Google Play, dengan aplikasi ini anda dapat melindungi anak-anak dari mengakses konten yang berbahaya (situs web, aplikasi, video) melalui melalui smartphone, anda juga dapat mengatur batas waktu penggunaan untuk mencegah kecanduan smartphone.

Orang tua juga dapat memantau lokasi anak-anak mereka secara real time dan diberitahu ketika anak-anak mereka memasuki atau meninggalkan zona aman yang ditetapkan oleh orang tua.
"Bantulah anak-anak Anda menikmati perangkat mobile mereka dengan aman!"

Cara menggunakan 
Sebelum menginstal Mobile Fence Parental Control pada perangkat anak Anda, yang pertama anda harus install dulu pada perangkat pribadi anda sebagai orang tua, tahapanya;
1) Install Mobile Fence Parental Control di smartphone orang tua
2) Buat akun dan login
3) Hubungkan smartphone ke Mobile Fence
4) Setelah  Instalasi lengkap 
5) Luncurkan aplikasi Mobile Fence Parental  dan aturan keluarga ditetapkan.
(Atau, login ke www.mobilefence.com dari PC dan setting  keluarga)

Kemudain menginstal Mobile Fence Parental Control  untuk perangkat anak 
1) InstallMobile Fence padak perangkat anak
2) Login dengan akun orang tua
3) Hubungkan aplikasi dengan perangkat anak...

Baca Juga: Cara Setting Video Pada WhatsApp Agar Tidak Didownload Ketika di Tonton

Sebaiknya Awasi pengguinaan Gadget Pada Anak

Begitulah Cara Memblockir Video Youtube Yang Tidak Pantas Untuk di Tonton Anak Anak Bagaimanapun juga pengawasan pada anak tetap harus anda lakukan, cara cara ini hanya sarana agar membatasi anak tidak kecanduan terlalu jauh dengan smartphone, Walaupun memberikan kebebasan memegang gadget itu sepenuhnya hak anda sebagai orang tua, disini saya hanya mengingatkan saja.

Sebaiknya beri perhatian serius dalam setiap hal yang melibatkan anak termasuklah dari aspek penggunaan gadget ini. Jangan menyesal apabila nasi sudah menjadi bubur serta berlaku perkara yang tidak diingikan, barulah kita menyesali kebebasan yang diberikan kepada anak-anak. Semoga kita semua sentiasa dihindarkan dari perkara-perkara negatif yang bisa memudaratkan kita dan masyarakat dari pengaruh teknologi ini.

Pencarian Terkait:
Cara block youtube android, Cara aman streaming youtube untuk anak, Cara block you tube Ponsel android, PC/Laptop, iOS, Windows phone, BAGAIMANA CARA BLOCK YOUTUBE, CARA BLOCK CHANNEL DI YOUTUBE, CARA BLOCK VIDEO DI YOUTUBE, CARA BLOCK VIDEO YOUTUBE, CARA BLOCK YOUTUBE, CARA BLOCK YOUTUBE CHANNEL, CARA BLOCK YOUTUBE DI HP ANDROID, CARA BLOCK YOUTUBE DI PC, CARA BLOCK YOUTUBE UNTUK ANAK, CARA NAK BLOCK YOUTUBE, CARA UNTUK BLOCK YOUTUBE

Reverensi:
https://siraplimau.com/cara-block-youtube-untuk-anak/
http://www.abuazmashare.id/2016/10/nih-cara-blockir-video-youtube-yang.html

Silahkan Berkomentar Dengan Akun Facebook Anda