5 Tips Agar Smartphone Kita Tidak Mudah Terserang Virus Maleware

Bagaimana Caranya Agar Smartphone Android, iPhone, Windowsphone Tidak Mudah Terserang Virus Maleware - Kita semua pastiny sudah memahami jika samrtphone saat ini sangat penting untuk di miliki karena fungsinya sudah melebihi komputer, dengan ponsel pintar kita bisa berhubungan melalui media sosial dimanapun dan kapanpun, dengan HP kita bisa mengambil video, mp3, nonton tv secara lansung, dengan handphone kita bisa transaksi jual beli transfer uang secara lansung.

Namun apa jadinya jika smartphone kita sidah terinfeksi virus jenis maleware? kita tidak mengetahui dari aplikasi mana ia menyelinap, karena memang kita tidak bisa mendeteksi secara langsung, kita mengetahui ketika ada aplikasi yang tiba tiba ada tanpa permisi sudah ada pada ponsel pintar kita. Dengan adanya virus jenis maleware ini seakan akan ia menjadi administrator ke -2 setelah kita sebagai pemilik sebenarnya.

Semenjak adanya maleware ini kinerja handphone kita menjadi lelet, sering muncul popup iklan yang menutupi layar, lambat saat memuat aplikasi lain-nya karena memang HP kita dibebani virus maleware yang sibuk berjalan dibelakang layar.
Jika sudah begini susah sekali utuk menghapusnya bahakan mengapunyapun sulit walaupun sudah di reset dan di flashing software, anda harus bawa ke agen resmi smarthone kita ini bertujuan agar tidak memperparah keadaan, maka serahkanlah kepada ahlinya. Nah untuk meghidari virus maleware menyelinap ke smartphone kita, saya ada tips sederhana yang dapat anda coba;

Cara Agar Smartphone Android, iPhone, Windowsphone Tidak Mudah Terserang Virus Maleware


1. Jangan Terima Aplikasi Dari Sumber Yang Tidak Jelas
Awal mula adanya maleware adalah menginstall aplikasi sembarangan yang ada diluar App store, untuk meminimalkan adanya aplikasi bebas masuk ini anda bisa setting pada keamanan HP anda, caranya adalah:
Klik pada Setting >> Scurity (Keamanan) >> Hilangkan centang pada tulisan "Terima Sumber Yang Tidak jelas".

2. Cek Akses Aplikasi Saat Menginstall
Setelah mengunduh aplikasi, jangan langsung meng-OK-kan semua akses saat instalasi. Baca secara teliti apa yang mereka minta, seperti misalnya untuk menyalakan GPS smartphone. Jika Anda merasa aplikasi tersebut tidak memerlukan lokasi, untuk apa mengaktifkan GPS.

3. Cek Pengembang Aplikai
Selalu waspada dengan aplikasi pihak ketiga. Periksa siapa pengembang dan penerbit aplikasi. Cek rating dan komentar pengguna di bawahnya. Jika Anda tidak familiar, telusuri nama mereka di internet. Internet mencantumkan semua, jadi pasti ada jejaknya. Apakah mereka betul sebuah developer aplikasi atau hanya nama samaran saja. Biasanya setiap aplikasi memiliki situs pribadi, anda bisa cek segala sesuatu yang ada disana

4. Cari Tahu tentang Aplikasi Dari Pengalaman Pengguna
Jika ada yang mencurigakan, selalu cari tahu di Google Search. Kalau perlu ikut forum-forum. Di sanalah tempatnya informasi berkumpul. Mereka akan memberi tahu jika aplikasi A tidak berfungsi, aplikasi B konsumsi banyak energi, dan lain-lain. Fortinet juga punya blog forum.

5. Install Aplikasi Keamanan Tambahan
Terakhir, instal aplikasi FortiClient di smartphone Android dan iOS. Gratis. Meskipun tidak 100% menjaga smartphone Anda, tapi setidaknya aplikasi FortiClient Mobile akan memberi notifikasi jika ada sesuatu yang mencurigakan di dalam sistem smartphone. anda bisa juga mencoba aplikasi FireAMP Mobile untuk cek pengembang

Baca Juga: Cara Setting Agar Smartphone / Ponsel Awet Dan Panjang Umur
Saran saya sebaiknya smartphone anda jangan di Root, sebab secara tidak sengaja anda membuka pintu untuk maleware bebas masuk tanpa melalui keamanan samrthone yang disediakan oleh pengembangnya.

Ok shabat semua setidaknya dengan cara diatas kita sudah berusaha mencoba agar smartphone kita tidak mudah terserang virus maleware. Dan memang itulah pengalaman saya ketika ponsel pertama saya sudah terserang maleware lalu setelah memiliki HP baru lagi sekarang aman karena sudah pengalaman.

Reverensi: http://selular.id/GaEZUq

Silahkan Berkomentar Dengan Akun Facebook Anda

No comments