5 Cara Ampuh Melindungi Password Dari Para Hacker

Tips Mengamankan Password - Bagaimana Cara Melindungi & mengamankan Password (Kata Sandi) Agar Tidak Mudah di Bobol Hacker - Paasword adalah serangkaian kata yang terdiri dari huruf dan angka serta kode tulisan yang berguna untuk membuat dan masuk ke sebuah aplikasi entah itu media sosial, browser, atau akun perbankan. Password atau kata sandi sangat penting untuk di lindugi, jika password anda dapat di ketahui orang lain bisa dipastikan anda akan kehilgan akun anda, para hacker akan menggantikan posisi anda sebagi administrator.

Bisa dibayangkan jiak password anda yang kena hacker tentu sangat merugikan anda sendiri. jika itu adalah Password media sosial seperti facebook, twetter dan lainya maka posisi anda  akan digantikan orang lain, pada saat tulis status seakan akan andalah yang menulis padahal itu hacker yang berhasil mengetahui password anda. Jika itu andalah password akun bank, maka bisa dipastikan uang di rekening anda akan di kuras habis.


Mungkin anda pernah ingat bahwa boss facebook saja password-nya bisa diretas oleh para hacker, karena memang para peretas ini makin lama makin pandai dan canggih. Dari kejadian ini bisa kita ambil pelajaran begitu pentingnya sebuah password. Lalu bagaimana cara melindungi dan mengamankan password? saya ada 5 tips yang patut anda coba...

1. Perkuat Password Dengan Karakter Unik

Ketika membuat dan memperbarui password, pastikan bahwa password baru Anda terdiri dari minimal delapan karakter dan tidak mengandung nama asli, nama pengguna, atau informasi identitas pribadi lainnya. Password terbaik itu terdiri dari kombinasi huruf besar dan huruf kecil, angka dan karakter khusus.

2. Pastikan Gunakan Password Berbeda Untuk setiap Akun

Sekali hacker berhasil meretas password salah satu akun Anda, mereka akan mencoba untuk menggunakannya kembali untuk mendapatkan akses ke semua akun Anda. Inilah sebabnya penting untuk membuat password yang unik dan berbeda untuk setiap akun.


3. Gunakan Aplikasi Password Manager Jika Lebih Dari 1: 

Memang menjadi 1 dilema tersendiri jika punya banyak password, anda akan kebingugan dan sering lupa  jika tidak disimpan dengan rapi. Tapi jangan Khawatir sekarang banyak aplikasi menyediakan menyimpan password Anda pada lemari besi berbasis cloud yang aman. sehingga jika kita masuk kesebuah akun atau situs maka secara otomatis akan terdeteksi akun yang mana yang akan anda gunkan, walaupun anda lupa tetap akan bisa masuk

4. Perhatian khusus kepada kredensial email Utama Anda: 

Banyak pengguna tidak mengenali bahwa akun email mereka dapat menjadi pintu depan ke seluruh hidup digital mereka. Pikirkan berapa kali Anda telah mereset password Anda pada beberapa situs lain dan tautan pemulihan dikirimkan ke akun email Anda. Pastikan Anda menggunakan password yang sangat kuat dengan kombinasi karakter dan angka untuk akun email Anda. Dan jangan gunakan itu kembali!


5. Aktifkan Otentikasi Dua Langkah

Banyak situs sekarang menawarkan otentikasi dua faktor (atau dua langkah), yang menambahkan lapisan tambahan keamanan ke akun Anda dengan meminta Anda untuk memasukkan password Anda, ditambah kode yang akan Anda terima pada perangkat mobile Anda melalui pesan teks atau generator token untuk login ke situs. Hal ini mungkin menambah kompleksitas proses login, tapi secara signifikan meningkatkan keamanan akun Anda. Anda juga bisa menerapkan langkah ini untuk akun terpenting Anda.

<< Baca jugaHati Hati Yang Punya Password Ini Hacker Sudah Tahu >>
Dengan 5 Tips melindungi dan menjaga password ini semoga menbantu anda dalam mengamankan kata sandi penting anda. Ok sahabat semua silakan share jika ini bermanfaat...
Advertisement
5 Cara Ampuh Melindungi Password Dari Para Hacker

Buka Komentar