Cara Memantau Aktifitas Anak Melalui Aplikasi Kakatu Perental Control

Review Apps - Download Aplikasi Kakatu (Parental Control) Aplikasi Yang dapat Memantau Dan Megontrol Aktifitas Anak - Perkembangan Aplikasi Android semakin pesat kemajuan-nya, Ada ribuan aplikasi nangkring di google play store dan ini selalu bertambah setiap harinya. Ada berbagai aplikasi ditawarkan mulai dari game, sosial media, musik, film, e-book, dan masih bayak lagi, namun ada aplikasi yang sepertinya anda sebagai orang tua wajib download dan menginstall pada android yang sering dipakai anak anda.

Adalah Aplikasi Kakatu (perental control), dengan aplikasi ini kita dapat memantau aktifitas sehari hari anak anda, hari ini sudah main game apa saja, berapa lama, dan dimana anak sekarang. dengan demikian minimal kita bisa mengontrol lamanya waktu ia main game, dan melalui situs resmi Kakatu orang tua bisa mendeteksi lokasi keberadaan anak anda, anda juga bisa gratis mengirim pesan kepada anak anda melalui website Kakatu.
Cara Memantau Aktifitas Anak Melalui Aplikasi Kakatu (perental control)
Kakatu adalah aplikasi parental control untuk menghindarkan anak dari kecanduan gadget, konten pornografi, cyberbullying, kata-kata kotor di dalam internet, dan dampak negatif lainnya dari penggunaan gadget yang tidak terbatas.

Fitur:
Ada beberapa fitur unggulan yang ditawarkan aplikasi Kakatu ini, antara lain  fitur manage the time (timer), block applications, usage history, parent’s mode, check kid location, block incoming calls dan parenting channel.

Fitur manage the time berfungsi untuk mengatur  durasi pemakaian gaawai pada anak. Kakatu memberikan rekomendasi durasi yang sehat bagi anak, yaitu 15 menit−20 menit bagi anak berusia 3 tahun−5 tahun, 60 menit bagi anak berusia 6 tahun−7 tahun dan 2 jam bagi anak berusia di atas 7 tahun.

Fitur block apllications untuk mengontrol aplikasi apa saja yang boleh dan tidak boleh diakses oleh anak. Kakatu juga memberikan rekomendasi aplikasi mana yang boleh diinstal sesuai umur anak. Usage history  untuk melihat apa saja yang telah diakses oleh anak-anak dan seberapa sering konten tersebut diakses.

Check kid location untuk mengecek lokasi keberadaan anak. Adapun Parent’s mode berguna agar orangtua dapat mengakses seluruh aplikasi. Block incoming calls berfungsi memblokir beberapa nomor dari telepon masuk, jika ada kemungkinan membahayakan si anak. Sedangkan parenting channel berisi tips dan informasi bermanfaat seputar dunia orangtua dan seputar pengasuhan anak.

Jadi saat ponsel pintar atau tablet diberikan pada anak pilih child’s mode, otomatis aplikasi yang muncul yang hanya boleh diakses oleh anak. Setelah anak selesai menggunakannya, kembalikan ke fitur parent’s mode. Setelan pengendali perpindahan mode itu kemudian dikunci dengan PIN enam angka yang dibuat orang tua.

Orangtua akan mengelola aplikasi mana saja yang layak dan boleh diakses oleh anak-anak mereka. Dua fitur Kakatu dapat diakses gratis, sedangkan lima lainnya berbayar setelah 14 hari. Untuk penggunaan fitur lengkap, pengguna harus membayar biaya berlangganan Rp 15.000 untuk satu bulan, Rp 35.000 untuk tiga bulan dan Rp 55.000 untuk enam bulan. Saat ini Kakatu sudah diunduh hampir 200.000 pengguna, yakni 90% dari Indonesia, dan sisanya dari luar negeri.    

"Fitur check child locations penting buat saat ini. Orangtua bisa mengecek keberadaan anak. Mungkin bisa ditambahkan 'panic button' (tombol panik) dari anak. Jadi kalau ada apa-apa, anak bisa segera terhubung dengan orangtuanya," ujarnya.
Cara Memantau Aktifitas Anak Melalui Aplikasi Kakatu

Hampir dua tahun berjalan, aplikasi Kakatu telah berhasil meraih berbagai penghargaan, di antaranya Winner Top Ten Local App dari TechIndonesia 2014, Global Brain Award di Singapura 2015, Finalist Global Brain Award di Jepang 2015 dan Startup Google Launcher 2016. “Di tahun ini pula, Kakatu dinobatkan sebagai salah satu dari tujuh startup yang punya dampak sosial di Indonesia oleh Google,” ujar Muhamad Nur Awaludin, Co-Founder Kakatu.

Kendala yang dia hadapi sama seperti perintis startup pada umumnya, yaitu pendanaan. Maklum saja, saat mendirikan Kakatu,  Mumu dan ketiga rekannya masih tergolong fresh graduate. Mumu mengaku medapat suntikan dana dari Telkomsel sebagai Corporate Venture Capital (CVC). Selain itu, beberapa penghargaan yang diraih oleh Kakatu juga memberikan dukungan dana, salah satunya Google yang memberikan dana pengembangan sebesar US$ 50.000.

Mumu bilang masih banyak rencana yang ia inginkan untuk perkembangan Kakatu. Ke depannya, ia dan timnya ingin Kakatu bisa lebih luas aksesnya, tidak hanya untuk gadget berbasis Android saja. Tentunya diikuti juga dengan pengembangan fitur dan semakin banyak rekomendasi aplikasi layak untuk anak-anak.
<< Baca juga: Pregnancy Pro, Tes Kehamilan Anda Dengan Aplikasi Dan Perangkat Ini >>
Aplikasi yang memiliki sembilan orang tim ini punya tujuan utama, yakni dapat menjadi market leader aplikasi parental control. Aplikasi parental control bisa jadi salah satu aplikasi untuk membantu orangtua, namun tidak menggantikan perannya. Lewat aplikasi yang fiturnya sebagian sudah berbayar, omzet yang didapat bisa mencapai ratusan juta per bulan.  

Notes:
~ Aplikasi Kakatu dapat berjalan minimal pada Android 2.3.3 keatas
~ Versi saat artikel dibaut 2.5.2 ukuran file 30 Mb
~ Download melalui Google play store untuk dapatkan versi terbaru

Silahkan Berkomentar Dengan Akun Facebook Anda

No comments