Hati Hati Hacker Masukan Maleware Malalui Game Pada Smartphone

Googleaza News - Pernahkah kamu berfikir tentang hacker yang memasukan maleware pada saat asik asiknya main game smarphone Android kamu? para hacker sekarang makin pandai membuat trobosan baru dan ide ide cemerlang, karena memang smartphone adroid versi 4.4 kebawah (Jellybean) rentan sekali terhadap maleware berbeda dengan yang level 4.4 keatas versi Lolli Pop yang sudah dilengkapi keamanan.

Kok bisa maleware dari para hacker ini masuk dan bercampur dengan game? iya mereka menggunakan trik "Clickjacking" ini adalah tehnik penyamaran, cara kerjanya mengelabui pengguna smartphone untuk mengklik sesuatu yang tampaknya biasa bias pada game, tapi ternyata bisa membuka akses bagi hacker. Penyebaran malware ini melalui website yang disamarkan seakan-akan tampak biasa dengan overlay tak terlihat.


Mengutip dari peringatan perusahaan mobile Skycure bahwa 500.000.000 perangkat android terancam disusupi hacker dengan cara "Clickjacking" ini, Jika cara Clickjacking ini berhasil maka para hacker akan mencuri semua informasi sensitif berbasis teks, dan mengambil alih tindakan menggunakan sistem operasi atau aplikasi yang tidak disetujui atau bahkan tidak diketahui oleh pemilik smartphone.

Sekali malware ini menghinggap smartphone, maka para hacker bisa saja mencuri dan memanfaatkan data pribadi, SMS atau email pekerjaan, data dari aplikasi pesan, data sensitif pada aplikasi bisnis seperti software CRM, perangkat lunak otomatisasi pemasaran dan banyak lagi.

Lebih parah lagi, setelah aksesibilitas telah diaktifkan, hacker dapat mengubah akses admin dan bahkan memungkinkan menjadi Admin Perangkat baru. Sehingga hacker pun bisa menonaktifkan kode password atau bahkan menghapus isi perangkat dari jauh.

Anda bisa melihat aksi "clickjacking" ini pada video yang ada di bawah artikel ini. Di sana terlihat bagaimana malware menyusup lewat game gratos yang disebut 'Rick dan Morty ". Begitu Anda melakukan klik yang diperintahkan dalam game sebenarnya adalah mengaktifkan sesuau yang tak terlihat dari OS. Begitu Anda selesai bermain, maka ponsel Anda telah menjadi korban karena telah memberikan izin akses ke sejumlah fitur.

65% dari perangkat Android yang menjalankan Android versi 2,2 hingga 4,4, sangat rentan. Tapi jika perangkat Anda telah diperbarui ke Android 5.0 Lollipop, masalah malware ini tidak lagi menjadi ancaman.

Cara Kerja Hacker "Clickjacking"



Saran dari Skycure, perbarui OS Android Anda dan jangan klik kotak dialog kecuali Anda yakin Anda tahu dari mana mereka berasal, dan mengapa mereka muncul di layar Anda. Selain itu, jangan menggunakan toko aplikasi pihak ketiga, dan men-download aplikasi pertahanan ancaman mobile. Buka "Pengaturan," lalu buka setelan "Aksesibilitas" lalu pastikan tidak ada "Layanan," atau kelompok yang tidak Anda kenal.

Silahkan Berkomentar Dengan Akun Facebook Anda

No comments