Cara Meloggarkan Memori Internal Android Agar Tidak Penuh

Tips Android - Bagaimana Cara Melonggarkan & Menghemat Ruang Memori Internal Pada Android Agar Bisa Install Aplikasi Yang Banyak - Memori internal (SdCard) yang terlalu banyak aplikasi yang terinstall akan menghambat aplikasi yang lain untuk masuk di install pada smarphone android, jangankan untuk install aplikasii baru, sekedar menyimpan hasil jepretan kamera saja tidak cukup.

Banyak faktor sehingga memori Internal anda penuh yang paling mengganggu dan tanpa kita ketahui adalah bekas data aplikasi yang tidak tuntas untuk dihapus. Maka-nya jika anda menghapus aplikasi pertama yang harus anda lakikan adalah menghapus datanya dulu, kemudian hapus aplikasi.
Cara Meloggarkan Memori Internal Android Agar Tidak Penuh
Ada lagi kasus memori internal masih bisa menampung aplikasi baru, tapi setelah download dan install ternyata perangkat anda menolak dengan alasan memori penuh, untuk hal ini anda dapat membaca pada artikel sebelumnya yang berjudul; Gagal Install Aplikasi, Memory Internal Penuh Padahal Aplikasi Sedikit.

Lalu bagaimana agar memori Internal kita bisa lebih longgar dan tersedia ruangan aplikasi lain sehingga bisa diinstall?

1. Menghapus aplikasi yang tidak atau jarang terpakai.

Lihatlah pada pengaturan, kemudian managemen apliksi kemudian ruang download, aplikasi mana yang paling memakan tempat di Android Anda. Jika tak menghapus aplikasi, menghapus cache juga sedikit membantu.

2. Menghapus data aplikasi terinstall.

Lihat pada file manager, kemudian lihat folder apa yang memiliki ukuran paling besar, atau file apa yang sebenarnya tak lagi digunakan namun masih bertengger di ponsel Anda. Foto-foto yang otomatis masuk dari aplikasi seperti WhatsApp atau LINE juga dapat Anda pertimbangkan untuk dihapus.

3. Memindahkan data-data ke penyimpanan eksternal.

Inilah amanfaatnya smartphone dilengkapi memori external. Jika menghapus aplikasi atau file dirasa terlalu sulit atau berat, maka cara selanjutnya adalah memindahkan data-data tersebut ke penyimpanan eksternal. Gunakan memori external berkapasitas cukup besar untuk dapat menampung file-file tersebut. Sayangnya, kebanyakan Android tak lagi mengizinkan pengguna untuk menyimpan aplikasi pada memori eksternal kecuali anda root dulu itu androidnya. Anda bisa Gunakanlah opse “move to SD card”. Jangan lupa juga untuk menghapus SMS, gambar, atau file lainnya yang telah menumpuk dan dapat memakan memori internal Android.

<< Baca Juga: Cara Menyembunyikan Nomer Telpon Ketika Menghubungi >>

Begitulah cara menghemat memori Internal pada android anda, dengan mengurangi file yang tidak terpakai dengan menghapus-nya..

Silahkan Berkomentar Dengan Akun Facebook Anda

No comments