5 Hal Yang Harus Dilakukan Ketika Punya Android

Tips Android - Smartphone Android sekarang sudah tidak asing lagi dan bukan lagi barang mewah, tidak seperti 5 tahun yang lalu. Tahun 2010 saat itu ponsel android harganya mahal mahal diatas 2 juta-an, tapi sekarang anda bisa lihat sendiri harga android murah murah banget dengan Rp500 ribu saja sudah bisa untuk membeli android yang produk cina.

Produk Google ini memang sangat efektif, kita bisa browsing kapan saja dan dimana saja karena bentuknya yang tipis dan pas untuk di taruh di saku. Android merupakan sistem operasi ponsel yang paling banyak dipakai di dunia, berbeda dengan iOS yang harganya masih di atas 2 juta-an untuk level yang paling rendah. Sebanyak 52,6% penduduk dunia menggunakan Android buatan Google tersebut.
5 Hal Yang Harus Dilakukan Ketika Punya Android
Untuk anda pengguna pemula, biasanya masih bingung untuk mengoperasikan-nya sehingga banyak sekali kesalahan yang dilakukan, sebagai petunjuk agar android anda kinerjanya maksimal dan aman berikut ini beberapa tips yang harus anda lakukan

1.Jangan Terlalu Banyak Aplikasi Yang Terinstall

Terlalu banyak aplikasi, akan membuat memori internal Android berkurang drastis. Hal ini juga membuat ponsel berjalan lebih lambat karena RAM akan bekerja lebih keras, apa lagi jika aplikasi dijalankan bersamaan.

2. Jangan Terlalu Banyak Widget 

Widget ini bisanya berupa prakiraan cuaca, Gambar beground layar di layar depan (home), Terlalu banyak memasang widget, ini akan menguras baterai ponsel dengan cepat. Jika memang dirasa butuh, sebaiknya seleksi widget yang digunakan. Jika anda ingin menghemat batteray android baca saja di sini: 12 Cara Memperpanjang Umur Battery Smartphone/Android

3. Membuat Akun Gmail

Buatlah akun atau email dari google yaitu Gmail, untuk membuatnya silakan baca di sini "Cara bikin Gmail", tanpa gmail anda tidak bisa menggunakan android denagan maksimal. Jika sudah punya akun gmail anda biasa download aplikasi yang ada di google playstore,  seperti backup data dll. Jika tidak punya, Anda akan kehilangan banyak fitur khusus.

4. Aktifkan  Fitur Lock (Kunci Android)

Ada banyak data pribadi Anda yang tersimpan di ponsel, tentunya hal pribadi seperti ini sangat berbahaya apabila tersebar di ranah publik. Gunakan kunci android minimal bikin pola, kode, atau sidik jari sebagai akses masuk ponsel Anda, lebih aman lagi jika ponsel android anda jenis lolliPop gunakan saja "Smart Lock" bisa anda baca di sini : Tutorial Cara Menggunakan Smart Lock pada Android Lollipop

5. Sebaiknya Jangan di Root

Jika anda tidak ahli android, sebaiknya jangan di Root. Apa itu Root? ini istilah memodifikasi android anda untuk bisa mempunyai akses penuh, sebagaimana kita tau pada saat android masih baru secara sistem anda masih tunduk pada aturan google dan pengembang smartphone anda. Jika hal ini di hilangkan anda punya wewenang penuh pada android anda.

Memang bagus juga tapi jika anda tidak ahli, sistem android anda akan mudah di bobol oleh maleware dan berbagai virus yang mematikan android anda. Baca disini 5 Ancaman Serangan Maleware Yang Harus di Waspadai Maleware ini juga punya hak penuh terhadap android anda.
Untuk mendeteksi maleware baca di sini: Cara Deteksi Aplikasi Android Yang Punya Hak Penuh Tapi Tersembunyi

Itulah 5 hal mendasar yang wajib diketahui ketika punya smartphone atau HP android, khususnya untuk pemula. Semoga bermanfaat, jangan lupa di share ke media sosial ya...

Silahkan Berkomentar Dengan Akun Facebook Anda

No comments