5 Cara Ampuh Agar Baterai Android KitKat Awet & Tahan Lama

Tips Android - Bagaimana caranya Menghemat battery android Jenis KitKat tetap awet dan tahan lama? - Memang dengan hadirnya sistem android yang baru maka fitur yang ada berbeda dengan Android pada jenis sebelumnya entah itu Jelly Bean ataupun Honeycomb, Hal ini membuat kita harus otak atik sendiri termasuk pada bagian penghematan baterai android KitKat ini.

Penggunaan fitur lain-nya yang ada didalam android dan juga penggunaan aplikasi yang berjalan sangat berpengaruh pada ketahanan baterai anda, untuk itu saya akan memberikan beberapa tips agar baterai Android 4.4 KitKat anda menjadi awet dan tahan lama..

5 Cara Ampuh Agar Baterai Android KitKat Awet & Tahan Lama
5 Cara Ampuh Agar Baterai Android KitKat 
Awet & Tahan Lama

1. Gunakan NFC Seperlunya

Fitur yang satu ini tidak baru untuk KitKat, namun banyak orang membiarkan NFC aktif, bahkan ketika tidak digunakan. Jika ponsel Ana memiliki kemampuan NFC, pastikan hanya aktif pada saat Anda membutuhkannya. Untuk cara menonaktifkan, masuk ke Settings > More (dibawah Wireless and Networks) > NFC.

2. Jangan sinkronisasi semua data

Ketika memasukkan akun ke ponsel, Google akan berasumsi Anda ingin melakukan sinkronisasi semua yang diperlukan. Termasuk pembelian Google Play, Google Keep, bahkan foto. Sinkronisasi foto ini yang bikin boros. Setiap kali Anda mengambil gambar , Google akan meng-upload ke akun data lalu kembali lagi.

Ada dua cara untuk menonaktifkannya,
  • Pertama masuk ke Setting> Account, lalu tekan nama akun Anda untuk masuk ke penyetingan sinkronisasi dimana Anda bisa menonaktifkan pilihan sinkronisasi termasuk di dalamnya pilihan "Google Photo". 
  • Kedua, buka Gallery app > Settings, and nonaktifkan Google Photos Sync.
3. Gunakan Battery Tool

Jika anda masih penasaran mengapa baterai Anda tetap boros, gunakan fitur bawaan power monitor, yang menampilkan jumlah daya setiap aplikasi yang digunakan. Untuk mengakses battery tool, cari ikon Quick Settings, lalu tekan logo baterai.

Di sini , Anda akan melihat daftar lengkap aplikasi aktif. Coba pantau apakah ada yang mengkonsumsi baterai dalam jumlah besar. Diluar layar dan jaringan (seperti WiFi ) tentunya, tetapi mungkin saja Anda menemukan aplikasi yang tak wajar.

4. Gunakan fitur Battery Saving GPS

Banyak aplikasi yang menggunakan GPS tidak hanya untuk pemetaan, yang terbaru di Kitkat ada cara untuk menggabungkan pelacakan lokasi. Salah-satunya check- in untuk menemukan lokasi bisnis " terdekat", aplikasi ini memakan daya betarai cukup banyak saat digunakan.

KitKat menyediakan solusi menghemat baterai untuk GPS dengan mode Battery Saving GPS, yang dapat meminimalisir jumlah titik referensi yang digunakan untuk menemukan lokasi Anda. Jangan kuatir, mode ini tetap menyajikan data yang akurat.

Untuk mengaktifkan mode ini , masuk ke Pengaturan > Lokasi > Mode, dan centang "Hemat baterai" (Batery Saving). Jika  Anda membutuhkan ketepatan yang tinggi dalam pelacakan, tinggal kembalikan setingan ke mode Akurasi Tinggi (High Accuracy).

5. Matikan Deteksi Hotword

Berkat fitur baru pendeteksi Hotword, Anda bisa mengatakan " OK , Google " dari menu utama ( atau ketika mengaktifkan Google Now) untuk memerintahkan Google Search dan Voice Actions. Itu berarti,  ponsel Anda dalam keadaan siap untuk menangkap suara, menunggu Anda untuk mengucapkan kata-kata perintah.

Disatu sisi ponsel Anda bisa menjadi pendengar yang baik, tapi sisi lainnya itu akan membuat boros baterai Anda. Jadi biar lebih hemat disarankan untuk dinonkatifkan. Caranya, masuk ke Google Now > Settings > Voice, dan matikan deteksi Hotword.

Baca juga: 5 Aplikasi Mempercepat Pengisian Baterai Android

Begitulah 5 Cara Menghemat Baterai Android KitKat Agar Tetap Awet Dan Tahan Lama, Ok sahabat semua selamat mencoba semoga bermanfaat...

Reverensi: http://www.tabloidpulsa.co.id/

Silahkan Berkomentar Dengan Akun Facebook Anda