3 Cara Ampuh Mengatasi Android gagal masuk (BootLoop)

Tips Android - Apakah Android anda pernah gagal masuk ketika dihidupkan? yang tampil hanya Robot Hijau Animasi Logo AndroidYa itulah namanya BootLoop, android anda sedang dalam kondisi atau proses boot / startup yang berulang atau reboot dengan sendirinya tanpa memasuki sistem, pokoknya android anda gagal sistem-lah..susah mau njelasin-nya.

Lalu apa penyebabnya? dari informasi yang saya kumpulkan penyebabnya beragam mulai terlalu penuhnya aplikasi yang terinstall sehingga membaeratkan kinerja  Android himgga install aplikasi secara tidak sempurna sehingga saat Android di hidupkan dan aplikasi itu berjalan tapi gagal sehingga menyebabkan sistem yang lain terganggu. lalu bagaimana cara mengatasi Amdroid BootLoop (gagal masuk) ini, Ok saya ada 3 cara yang bisa anda coba..


Cara Mengatasi Android Gagal Masuk (BootLoop)

1. Matikan Dan Cabut Baterai Android.
  • Cara yang pertama ini jika tidak terlalu parah, yaitu silakan Cabut baterai, kartu SIM dan memori eksternal (Micro SD) lalu biarkan selama beberapa menit agar baterai tidak memberikan energi terhadapa motherboard Android. Setelah itu, pasangkan dan coba hidupkan kembali. Jika cara ini tidak bisa, kita coba cara selanjutnya...
2. Masuk kedalam Android Stock Recovery.
Kita biasa menyebutnya sebagai Android Stock Recovery mode. Untuk dapat masuk kedalam mode ini, pastikan Android dalam keadaaan mati kemudian tekan kombinasi tombol agar Android masuk ke recovery mode. Hal penting yang perlu diperhatikan, setiap merk Tablet dan Smartphone Android memiliki kombinasi tombol yang berbeda. Sebagai contoh:
  1. jika Android dari Samsung biasanya dengan menekan kombinasi tombol Volume Up+ Home + Power secara bersamaan selama beberapa detik, maka akan masuk kedalam stock recovery mode.
  2. Setelah anda masuk, navigasikan dengan cara menekan tombol vol down untuk memilih “Wipe data/factory reset”. Langkah ini akan membuat Android Anda kembali ke pengaturan awal. Semua data serta file yang ada di internal memori akan terhapus.
  3. Setelah itu, pilih Reboot System Now.
3. Masuk kedalam Custom Recovery.
Jika Android telah diroot atau telah melakukan flashing custom ROM atau mod. Masuklah kedalam CWM recovery. Caranya.
  1. Matikan lalu cabut baterai Android selama beberapa detik lalu pasangkan kembali.
    Tekan tombol kombinasi untuk masuk kedalam CWM Recovery.
  2. Setelah anda berhasil masuk, pilih “Wipe Data/Factory Reset”. Jika diminta konfirmasi tekan “Yes”.
  3. Sekarang arahkan lalu pilih menu “Advanced” kemudian pilih “Wipe Dalvik Cache”. Jika diminta konfirmasi tekan “Yes”.
  4. Selanjutnya cari dan tekan “Mounts and Storage” kemudian tekan pilihan “format /data” dan “format /cache”. Hal ini akan menghapus data serta cache dari Android anda.
  5. Terakhir pilih reboot.
Baca juga: Penyebab Dan Cara Mengatasi Android Restart Sendiri

Ok sahabat semua begitulah 3 Cara Ampuh Mengatasi Android gagal masuk (BootLoop) Smartphone dan Tablet Android biasanya akan kembali melakukan boot dengan normal. Yang kita lakukan diatas untuk mengatasi bootloop pada Android intinya adalah dengan menghapus data dan cache. Serta melakukan Factory Reset untuk kembali ke pengaturan awal, agar Android Anda kembali seperti baru. Mohon di share melalui media sosial dibawah ini jika ini bermanfaat...

Reverensi: www.heyriad.com

Silahkan Berkomentar Dengan Akun Facebook Anda