Cara Ampuh Melindungi Jaringan Nirkabel WIFI Anda

Tips & Tutorial - Cara Ampuh melindungi Jaringan Nirkabel Wifi Anda, masih membahas tentang dunia wifi, pada artikel sebelumnya saya telah membahas cara mengatasi koneksi wifi yang tidak stabil, naik turun dan tidak menjangkau seluruh ruangan pada kesempatan malam yang dingin ini saya memberikan tips melindungi atau menjaga keamanan jaringan wifi. Memang saya sendiri juga pernah membonceng wifi punya orang lain, sudah koneksinya kwencang gratis lagi..!! enak pokoknya kita bebas download dan streeming youtube tanpa harus membayar. Itulah keunggulan-nya wifi dengan tanpa kabel dan kuota data kita bisa menikmati koneksi internet yang stabil melalui smartphone, laptop ataupun komputer.


Tapi tahukah anda justru tanpa menggunakan kabel ini membahayakan bagi keamanan jaringan wifi anda, orang lain bisa mengambil koneksi internet dari wifi anda walaupun mereka ada luar rumah, di dalam mobil atau mereka tetangga anda sendiri. Lalu apa bahayanya jika ada orang mencuri (membonceng) jaringan wifi anda?..
★ Pembonceng jaringan wifi memungkinkan mengakses file pribadi di komputer Anda melalui jaringan Wi-Fi Anda sendiri (kena hacker).
★ Dapat menurunkan kecepatan akses internet Anda, karena Anda sekarang berbagi koneksi internet dengan pengguna lain.
★ Dapat meningkatkan jumlah tagihan internet bulanan Anda, terutama bila Anda harus membayar per byte transfer data.

Untuk melindungi Jaringan Nirkabel Wifi anda, saya ada cara ampuh agar jaringan Nirkabel anda aman dari para hacker yang tidak bertanggung jawab..

1. Buka pengaturan router Anda
Pertama, Anda perlu tahu bagaimana untuk mengakses pengaturan router nirkabel Anda. Biasanya Anda dapat melakukan ini dengan mengetikkan "192.168.1.1" / "tplinkwifi.net" ke browser web Anda (jika menggunakan perangkat dari TP-Link), dan kemudian masukkan nama pengguna dan password yang benar untuk router. Perlu saya ingatkan Hal ini berbeda untuk setiap router, jadi periksa dulu manual router Anda.



2. Buatlah password yang unik pada router 
Setelah Anda login ke router Anda, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengubah password bawaan router Anda. Hal ini akan mencegah orang lain mengakses router dan Anda dapat dengan mudah mempertahankan pengaturan keamanan yang Anda inginkan. Anda dapat mengubah password dari pengaturan Administrasi pada halaman pengaturan router Anda.


3. Ubah nama SSID Jaringan
SSID (atau nama jaringan Wi-Fi) dari Wireless Router Anda biasanya menggunakan nama perangkat. Meskipun tidak akan membuat jaringan Anda rentan tetapi mengubah nama SSID jaringan Anda adalah ide yang baik karena akan membuatnya lebih jelas bagi orang lain untuk mengetahui jaringan mereka terhubung.

4. Aktifkan Enskripsi Jaringan
Untuk mencegah komputer lain di daerah menggunakan koneksi internet Anda, maka anda perlu untuk meng-enkripsi sinyal nirkabel Anda. Ada beberapa metode enkripsi untuk pengaturan nirkabel : WEP, WPA, dan WPA2. Enskripsi paling aman adalah WPA2.



5. Filter alamat MAC
Setiap perangkat elektronik khususnya komputer dan gadget memiliki MAC address (alamat MAC) yang unik. MAC address inilah yang didaftarkan pada perangkat router agar perangkat yang tidak didaftarkan, tidak dapat tersambung dengan router.

Nah begitulah Cara Ampuh Melindungi Jaringan Nirkabel WIFI Anda, jika 5 langkah di atas anda praktek-kan Insyallah wifi anda aman dari para pembonceng wifi yang maunya gratis saja dan dari para hacker pencuri data pribadi anda, selamat mencoba mudah mudahan wifi anda aman...

sumber :  http://www.tabloidpulsa.co.id/

Silahkan Berkomentar Dengan Akun Facebook Anda

No comments