Inilah 12 Cara Memperpanjang Umur Battery Smartphone/Android

Tips Android - "Battery Android baru di pakai 2 - 3 jam ko' sudah habis ya? boros sekali ini battery androidnya hemm..." itulah kira kira ucapan orang yang punya android. Sebenarnya battery android cepat habis itu biasa, karena banyak fitur dan aplikasi yang berjalan hal ini akan mempercepat atau menguras daya battery. Sebenarnya ada banyak cara untuk menghemat dan memperpanjang umur battery android anda silakan baca tips dan cara saya di bawah ini...


1. Jangan menunggu battery habis
Jika battery anda jenis Lithium Ion dan Polymer waktu pengisian jangan sampai battery benar benar habis, ini kebiasaan kita kalau handphone belum mati kita belum mau nge-charge pada hal itu akan berdampak buruk untuk battery itu sendiri, saran saya jika android anda sudah memberikan peringatan silakan matikan saja di langsung di charge.

2. Kurangilah tigkat kecerahan layar android
Layar android yang terang seperti lampu, hal ini akan menguras battery anda. Layar yang terang akan memerlukan daya battery yang lebih, jika anda ingin menghemat battery silakan redupkan layar battery anda.

3. Setting ke mode GSM
Jika jenis handphone anda 3G biasanya ada settingan mode GSM, Dual Mode, 3G only. Silakan setting android anda pada menu jaringan kalau tidak sedang menggunakan setingan 3G ganti saja setting GSM.

4. Di sarankan jangan gunakan wallpaper live
Memang terlihat indah dan hidup jika menggunakan wallpaper live, tapi ini juga akan menguras daya battery anda. Jadi di sarankan tidak perlu sering sering menggunakan live wallpaper setidaknya ini bisa memperpanjang umur battery anda.

5. Jaga jangan terjadi konsleting
Hal ini biasanya terjadi jika ada benturan atau terjatuh dan terkena air, saran saya gunakan pelindung atau cover android yang banyak di jual di pasaran. Hubungan arus pendek ini membahayakan battery anda bahkan perangkat keras (hardware) anda.

6. Di sarankan mempercepat saat nge-charge
Jika tidak sedang menunggu telepon penting atau menelepon orang sebaiknya di matikan saja saat nge-charge. Jika handphone dalam kondisi mati akan mempercepat pengisian. Dan ingat kebiasaan kita kalau nge-charge android suka di tinggal kemana saja sehingga kita lupa kalau lagi nge-charge handphone hingga berjam jam, jika ini sering di lakukan battery anda akan cepat rusak karena menggelembung.

7. Hidari tempat yang terlalu panas
Battery bisa mengurangi kapasitasnya saat di bawa ketempat panas yang terlalu ekstrim, maka hindarilah dan simpan di tempat yang sejuk dan nyaman.

8. Sebaiknya matikan Layanan Lokasi
Layanan lokasi ini meliputi Google Maps dan GPS fitur ini sebenarnya sangat bermanfaat ketika Anda ingin menemukan arah atau lokasi, di sisi lain aplikasi ini juga mengkonsumsi banyak baterai. Saran saya,lebih baik matikan fitur layanan lokasi jika memang tidak dibutuhkan.
Cara mematikanya :
Tekan Settings (biasanya icon roda gigi) kemudian pilih Location Services setelah itu Hapus tanda centang semua kotak yang tersedia.

9. Matikan WIFI bila tidak digunakan
Sebaiknya mematikan koneksi Wi-Fi jika memang tidak diperlukan. Karena, jika Anda mengaktifkan koneksi WiFi, maka secara otomatis handphone akan terus mencari hotspot Wi-Fi yang tersedia di setiap lokasi dan tentunya hal ini dapat menguras banyak daya baterai Anda.

10. Sebaiknya Gunakan Wallpaper Hitam atau Tema Gelap
Karena warna hitam sangat gelap, layar tidak perlu menghabiskan terlalu banyak energi untuk menciptakan sinar dan warna. Karena untuk menampilkan berbagai macam warna, baterai ponsel akan membutuhkan energi lebih, dan tentunya baterai ponsel Anda akan cepat habis.

11. Usahakan Jangan berganti-ganti SIM Card
Bila akan mengganti SIM, berarti ponsel harus dimatikan terlebih dulu dan pada awal dihidupkan sistem ponsel akan loading dan melakukan pencarian sinyal operator. Ini membutuhkan daya baterai yang cukup besar.

12. Jangan menggunakan fitur yang tidak perlu
Fitur ponsel yang makin beragam membuat penggunaan baterainya pun makin boros. Untuk itu, sebisa mungkin tidak menggunakan fitur yang tidak diperlukan, misalnya, mengaktifkan flash kamera pada siang hari atau mengaktifkan bluetooth padahal tidak sedang digunakan.

Baca juga : Android Cepat Panas? Inilah Cara Mengatasinya

Itulah  12 Cara menghemat dan Memperpanjang Umur Battery Smartphone/Android dan yang wajib anda ketahui umur battery pada umumnya rata rata hingga 400 kali charge dan discharge.  lebih sedikit anda melakukan pengecasan, maka makin lama pula umur baterai. Jika Anda melakukan pengecasan pada setiap hari, umur baterai anda setidaknya bisa bertahan kurang lebih 12-15 bulan. Jika Anda bisa melakukan pengecasan dua kali seminggu, berarti umur baterai Anda bisa mencapai kurang lebih 2-3 tahun. Ok sahabat semua semoga bermanfaat..


Dirangkum dari berbagai sumber


Silahkan Berkomentar Dengan Akun Facebook Anda

No comments